DetikNews
Senin 31 Desember 2018, 18:22 WIB

Rekaman CCTV Tunjukkan 3 Pria Pindahkan 'Potongan Tubuh' Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Rekaman CCTV Tunjukkan 3 Pria Pindahkan Potongan Tubuh Khashoggi Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Istanbul - Sebuah televisi Turki menayangkan rekaman CCTV yang diduga menunjukkan aktivitas pemindahan jenazah wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Rekaman CCTV itu menunjukkan sejumlah pria membawa sejumlah koper dan tas yang diduga berisi 'potongan tubuh' Khashoggi.

Seperti dilansir AFP, Senin (31/12/2018), rekaman video yang ditayangkan televisi Turki, A-Haber, pada Minggu (30/12) malam waktu setempat menunjukkan tiga pria sedang membawa lima koper dan dua tas berukuran besar warna hitam ke dalam kediaman Konsul Jenderal (Konjen) Saudi di Istanbul, Turki.

Diketahui bahwa kediaman Konjen Saudi hanya berjarak beberapa ratus meter dari gedung Konsulat Saudi di Istanbul yang menjadi lokasi pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

Dalam laporan yang mengutip sejumlah sumber otoritas Turki, A-Haber menyebut jenazah Khashoggi yang telah dimutilasi ada di dalam koper dan tas-tas yang terlihat dalam rekaman CCTV itu. Tidak disebutkan lebih lanjut dari mana rekaman CCTV itu didapatkan.


A-Haber menyebut bahwa koper dan tas-tas tersebut dimasukkan ke dalam sebuah minibus yang menempuh perjalanan singkat dari Konsulat Saudi menuju garasi kediaman Konjen Saudi. Ketiga pria kemudian terlihat membawa masuk koper dan tas-tas itu ke dalam kediaman Konjen Saudi.

Khashoggi yang seorang wartawan senior Saudi dan kolumnis The Washington Post, tewas dibunuh oleh tim intelijen Saudi di dalam Konsulat Saudi pada 2 Oktober lalu. Otoritas Saudi mengklaim Khashoggi tewas dalam operasi 'liar'.

Namun otoritas Turki meyakini Khashoggi tewas dalam pembunuhan berencana. Disebutkan sejumlah pejabat Turki bahwa Khashoggi tewas dicekik sebelum dimutilasi oleh tim beranggotakan 15 warga Saudi yang dikirimkan ke Istanbul.

Keberadaan jenazah Khashoggi hingga kini masih misterius. Sejumlah spekulasi beredar termasuk salah satunya yang menyebut jenazah Khashoggi dilarutkan dalam zat asam. Pada Oktober lalu, Konsulat Saudi dan kediaman Konjen Saudi digeledah oleh otoritas Turki dalam upaya pencarian jenazah Khashoggi, namun hasilnya nihil. Pencarian juga dilakukan di beberapa lokasi lainnya, namun jenazah Khashoggi belum juga ditemukan.


Ada spekulasi yang menyebut putra mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Hal itu telah dibantah mentah-mentah oleh otoritas Saudi.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed