DetikNews
Senin 31 Desember 2018, 05:05 WIB

Netanyahu: Kedubes Brazil Pindah ke Yerusalem Cuma Masalah 'Kapan'

Danu Damarjati - detikNews
Netanyahu: Kedubes Brazil Pindah ke Yerusalem Cuma Masalah Kapan Foto: Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel (BBC World)
Rio de Janeiro - Brazil akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem. Itu hanya perkara waktu saja. Hal ini dinyatakan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dilansir AFP, Netanyahu mengemukakan hal itu pada Minggu (30/12/2018) ssaat dia berkunjung ke Rio de Janeiro.

"Ini bukan masalah 'jika' namun 'kapan'," kata Netanyahu kepada umat Yahudi di Rio de Janeiro, dalam pernyataan resminya.



Kata dia, Presiden Brazil terpilih Jair Bolsonaro meyakinkan dirinya untuk memindahkan kedutaan besar itu, lewat pertemuan pada Jumat (28/12) sebelumnya. Dia juga menceritakan komunikasinya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang akan memindahkan kedutaan ke Yerusalem dan menyebut kedutaan Brazil juga akan akan melakukan hal serupa, "Bolsonaro juga akan melakukan itu".

Isu pemindahan kedutaan besar itu ramai dibicarakan seiring kunjungan Netanyahu ke Brazil. Itu merupakan kunjungan pertama kali seorang perdana menteri Israel ke Brazil.

Dia tiba di Brazil pada hari jumat dan langsung mengadakan pertemuan dengan Bolsonaro. Adapun Bolsonaro sendiri telah menyampaikan pada November lalu bahwa dia akan mengikuti langkah Trump untuk memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem. Namun pernyataan itu ditariknya kembali.



"Itu belum diputuskan," kata Bolsonaro sebelumnya.

Brazil adalah produsen daging yang penting, resah gara-gara pemindahan kedutaan bisa mengancap $ 1 miliar ke negara-negara Arab, termasuk Palestina.




Tonton juga video 'Netanyahu: Terowongan di Perbatasan Lebanon Tindakan Perang':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed