detikNews
Kamis 27 Desember 2018, 03:08 WIB

13 Militer Nigeria Tewas Akibat Serangan Kelompok Boko Haram

Faiq Hidayat - detikNews
13 Militer Nigeria Tewas Akibat Serangan Kelompok Boko Haram Ilustrasi penembakan (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Kelompok Boko Haram menyerang pasukan militer di Nigeria. Akibat serangan tersebut, sejumlah 13 orang meninggal dunia.

Seperti dilansir AFP, Kamis (27/12/2018), serangan tersebut terjadi di perbatasan Maiduguri dengan Damaturu.

"Sedihnya, 13 personel militer dan polisi... dibayar mahal ketika membebaskan diri dari serangan itu," kata juru bicara militer Nigeria Kolonel Onyema Nwachukwu.

Kelompok Boko Haram disebut Nwachukwu berupaya menyerang pangkalan militer di desa Kukareta yang berjarak 20 km dari Damaturu. Namun serangan tersebut berhasil digagalkan pasukan militer.



Seorang perwira lain mengatakan para kelompok tersebut menggunakan delapan truk yang dilengkapi senjata untuk menyerbu pangkalan militer itu. Sehingga tentara yang tewas akibat serangan itu berjumlah 17 orang.

"Para teroris menewaskan 17 tentara dalam serangan itu, yang berlangsung lebih dari satu jam," kata seorang perwira kepada AFP tanpa menyebut nama.

Para penyerang militer diduga berasal dari Negara Islam Afrika Barat (ISWAP),

"Mereka mengambil alih pangkalan militer setelah menaklukkan pasukan dan membakarnya. Seorang polisi tewas ketika kendaraan mereka yang menuju Damaturu mengalami baku tembak tetapi pengemudi lolos tanpa cedera," kata sumber militer itu.

Kelompok Boko Haram selama beberapa bulan terakhir telah melakukan puluhan serangan terhadap pangkalan militer. Sejumlah tentara telah terbunuh atau terdaftar sebagai orang hilang.
(fai/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com