DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 17:18 WIB

1 Lagi Warga Kanada Ditahan di China Usai Penahanan Bos Huawei

Novi Christiastuti - detikNews
1 Lagi Warga Kanada Ditahan di China Usai Penahanan Bos Huawei Ilustrasi (Internet)
Ottawa - Satu lagi warga negara Kanada ditahan di China. Alasan penahanan masih belum jelas. Sejauh ini sudah tiga warga Kanada yang ditahan otoritas China dalam sebulan terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (19/12/2018), informasi soal penahanan warga Kanada ketiga ini dilaporkan surat kabar lokal, National Post, yang mengutip Kementerian Luar Negeri Kanada. Identitas warga Kanada ketiga yang ditahan di China ini tidak disebut lebih lanjut.

Dalam konferensi pers di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menyatakan dirinya tidak mengetahui adanya penahanan satu warga Kanada lainnya.

Laporan soal penahanan satu lagi warga Kanada di China muncul setelah laporan penahanan dua warga Kanada lainnya, Michael Kovrig yang mantan diplomat dan Michael Spavor yang seorang pengusaha. Keduanya ditahan, menurut otoritas China, atas dugaan membahayakan keamanan nasional.


Penahanan warga Kanada oleh otoritas China ini terjadi setelah Kepolisian Kanada menangkap Meng Wanzhou, Chief Financial Officer (CFO) perusahaan telekomunikasi China, Huawei Technologies Co Ltd, di Vancouver pada 1 Desember lalu. Penangkapan dilakukan atas permintaan Amerika Serikat (AS).

Meng ditangkap atas dugaan pidana terkait pelanggaran sanksi Iran. Meng sendiri telah dibebaskan oleh otoritas Kanada usai membayar jaminan CAN$ 10 juta, namun persidangan ekstradisi terhadapnya masih akan berlanjut.

Kepada National Post, Kementerian Luar Negeri Kanada menyatakan pihaknya menyadari adanya penahanan satu lagi warganya di China, namun tidak bisa memberikan detail soal penahanan tersebut. Pihak kementerian juga menyatakan tidak bisa mengomentari dugaan keterkaitan penahanan itu dengan penangkapan Meng oleh Kanada.

Surat kabar National Post tidak menyebut lebih lanjut identitas warga Kanada ketiga yang ditahan di China itu. Namun seorang sumber yang telah berbicara dengan keluarga warga yang ditahan itu, mengungkapkan kepada National Post bahwa sosok ketiga yang ditahan itu bukan seorang diplomat maupun pengusaha.


Pihak Kedutaan Besar Kanada di Beijing belum memberikan tanggapan atas laporan ini.

Sebelumnya pemerintah Kanada menyatakan tidak ada keterkaitan eksplisit antara penahanan Kovrig dan Spvor dengan penangkapan Meng. Namun para pakar memandang penahanan warga Kanada di China sebagai balasan atas penangkapan Meng. Pandangan senada juga disampaikan oleh para diplomat negara-negara Barat di China dan mantan diplomat Kanada.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed