detikNews
Jumat 14 Desember 2018, 18:44 WIB

Mesir Tangkap 2 Orang Terkait Video Bugil di Puncak Piramida Giza

Novi Christiastuti - detikNews
Mesir Tangkap 2 Orang Terkait Video Bugil di Puncak Piramida Giza Ilustrasi (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/File Photo)
Kairo - Otoritas Mesir menangkap dua orang terkait kasus sejoli asal Denmark yang merekam video bugil di puncak Piramida Agung Giza. Dua orang yang ditangkap ini merupakan seorang pemilik unta dan seorang wanita yang membantu sejoli itu 'beraksi' di atas piramida.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/12/2018), identitas kedua orang yang ditangkap otoritas Mesir ini tidak diungkap ke publik.

Kementerian Dalam Negeri Mesir menyebut wanita yang ditangkap itu merupakan sosok yang mengenalkan sejoli asal Denmark itu dengan si pemilik unta, yang juga ditangkap, yang kemudian mengantarkan mereka ke Piramida Agung Giza secara ilegal.

Aksi tak senonoh sejoli asal Denmark itu dilakukan pada 29 November malam hari. Atas jasa mengantarkan sejoli itu ke Piramida Agung Giza secara ilegal, si pemilik unta mendapat imbalan 4 ribu Pounds Mesir (Rp 3,2 juta).


Kedua orang yang ditangkap itu telah mengakui peran mereka dalam insiden yang memicu kemarahan publik Mesir. Keduanya akan disidang dalam waktu dekat, namun tidak disebut lebih lanjut dakwaan yang dijeratkan kepada keduanya.

Pria yang ada dalam video berjudul 'Climbing the Great Pyramid of Giza' itu diidentifikasi sebagai seorang fotografer asal Denmark bernama Andreas Hvid (23). Dalam video, Hvid tampak memanjat Piramida Agung Giza berusia 4.500 tahun di pinggiran Kairo, dengan seorang wanita yang kemudian tampak melepaskan bagian atas pakaiannya.

Hvid dalam keterangannya menyebut video itu diambil pada akhir November lalu dan diunggah ke Youtube pada 8 Desember lalu. Keberadaan video ini memicu penyelidikan oleh jaksa penuntut Mesir.

Sebuah foto yang dirilis oleh Hvid sendiri menunjukkan dirinya dan wanita yang tidak disebut namanya itu, dalam keadaan telanjang bulat dalam pose yang tidak senonoh, sambil memandang ke arah piramida terdekat.


Video berdurasi nyaris 3 menit itu sejauh ini telah ditonton 4,5 juta kali di YouTube, meskipun memicu kemarahan publik Mesir. "Peradaban berusia 7 ribu tahun berubah menjadi seprai," sebut salah satu pengguna Twitter di Mesir dalam komentarnya.

Dalam penjelasannya kepada surat kabar Denmark, Ekstra Bladet, Hvid menyebut dirinya 'telah bertahun-tahun memimpikan untuk memanjat Piramida Agung' juga sambil berfoto telanjang. Hvid yang memiliki akun Youtube sendiri ini menyatakan bahwa wanita yang ada dalam video dan foto bersama dirinya bukanlah kekasihnya. "Itu hanyalah pose. Kami tidak memiliki hubungan seksual," tegasnya.

Piramida Agung merupakan yang terbesar di Giza, dengan tinggi mencapai 146 meter. Piramida Agung juga merupakan satu-satunya tujuh keajaiban dunia kuno yang masih bertahan hingga kini. Memanjat piramida jelas dilarang di Mesir. Tahun 2016, seorang turis asal Jerman dijatuhi hukuman dilarang masuk ke Mesir seumur hidup setelah dia mengunggah video online yang menunjukkan dirinya sedang memanjat salah satu piramida di Mesir.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com