detikNews
Jumat 30 November 2018, 13:12 WIB

Kanada Beri Sanksi 17 Warga Saudi Terkait Pembunuhan Khashoggi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kanada Beri Sanksi 17 Warga Saudi Terkait Pembunuhan Khashoggi Jamal Khashoggi (Foto: BBC World)
Ottawa - Pemerintah Kanada menjatuhkan sanksi-sanksi kepada 17 warga negara Arab Saudi yang diduga terlibat pembunuhan jurnalis kawakan Jamal Khashoggi.

Kementerian Luar Negeri Kanada menyatakan, aset-aset ke-17 warga Arab Saudi tersebut akan dibekukan di Kanada. Mereka juga akan dilarang masuk ke Kanada.

Langkah Kanada ini mengikuti Prancis, Amerika Serikat dan Jerman yang telah lebih dulu menerapkan sanksi-sanksi terkait pembunuhan Khashoggi. Pemerintah Kanada mengumumkan sanksi ini di saat para pemimpin dunia, termasuk Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman berada di Buenos Aires, Argentina untuk menghadiri pertemuan G20.




Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menyatakan seperti dilansir BBC, Jumat (30/11/2018), sanksi-sanksi tersebut menargetkan warga Saudi yang menurut pandangan pemerintah Kanada, bertanggung jawab atau terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober lalu di gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. MBS tidak termasuk di antara 17 orang yang dikenai sanksi oleh Kanada tersebut.


"Pembunuhan Jamal Khashoggi adalah menjijikkan dan merepresentasikan serangan tanpa belas kasihan terhadap kebebasan berekspresi semua individu," kata Freeland dalam sebuah statemen.

"Mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi harus dimintai pertanggungjawaban dan harus menghadapi pengadilan," imbuhnya.

Pemerintah Kanada saat ini juga tengah mengkaji ulang penjualan senjatanya ke Arab Saudi.


Saksikan juga video 'Beranikah Trump Menjatuhkan Sanksi ke Saudi?':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com