detikNews
Senin 26 November 2018, 17:17 WIB

Usai 2 Minggu, Kebakaran Hutan California Berhasil Dipadamkan

Novi Christiastuti - detikNews
Usai 2 Minggu, Kebakaran Hutan California Berhasil Dipadamkan Dampak kebakaran hutan di California, AS (Reuters)
California - Kebakaran hutan paling mematikan dan paling menghancurkan dalam sejarah California, Amerika Serikat (AS) akhirnya berhasil dipadamkan. Upaya pemadaman telah berlangsung selama lebih dari dua pekan terakhir.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/11/2018), kebakaran hutan dahsyat bernama Camp Fire yang mulai muncul pada 8 November lalu, dilaporkan telah menewaskan 85 orang. Kantor Sheriff Butte County menyatakan pihaknya salah menambahkan dua orang dalam daftar korban jiwa yang sebelumnya menyebut 87 orang tewas.

Jumlah korban hilang hingga Minggu (25/11) malam waktu setempat dilaporkan bertambah menjadi 296 orang, dari yang tadinya 249 orang. Jumlah itu berkurang drastis jika dibanding laporan korban hilang pada Jumat (23/11) lalu yang mencapai 474 orang.

"#CampFire ... sekarang 100 persen teratasi," sebut otoritas pemadam kebakaran negara bagian California, Cal Fire, dalam pernyataan via Twitter.


Dalam pernyataannya, kantor Sheriff Butte County menyebut sejauh ini baru 54 korban tewas yang berhasil diidentifikasi.

Total 62 ribu hektare area hangus dilalap kebakaran hutan ini, dengan nyaris 14 ribu rumah dan ratusan bangunan lainnya hancur.

Hujan deras yang terus mengguyur di area yang dilanda kebakaran beberapa hari terakhir membantu upaya pemadaman yang dilakukan. Namun di sisi lain, hujan deras ini menghambat petugas penyelamat dalam mencari jenazah korban yang belum dievakuasi.

Dalam pernyataannya, Gubernur California Jerry Brown memperingatkan bahwa wilayahnya masih bisa dilanda kebakaran hutan yang cukup besar sebagai dampak dari global warming.


Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu menyebut bahwa kebakaran hutan ini disebabkan oleh pengelolaan hutan yang buruk oleh otoritas negara bagian California.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com