DetikNews
Jumat 23 November 2018, 17:58 WIB

Bom Kotak Sayuran Meledak di Pasar Pakistan, 31 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Bom Kotak Sayuran Meledak di Pasar Pakistan, 31 Orang Tewas Ilustrasi (AFP Photo/Joshua Lott)
Islamabad - Sebuah bom yang disembunyikan di dalam kardus berisi sayuran meledak di sebuah pasar yang ramai di Pakistan. Ledakan ini menewaskan 31 orang dan melukai 50 orang lainnya.

Dituturkan pejabat senior kepolisian setempat, Khalid Iqbal, seperti dilansir AFP, Jumat (23/11/2018), ledakan bom ini terjadi di sebuah pasar ramai yang ada di kawasan Kalaya, distrik Orakzai yang didominasi warga Syiah.

"Menurut penyelidikan awal kami, ledakan berasal dari sebuah peledak rakitan yang disembunyikan di dalam kardus berisi sayuran," sebut Iqbal kepada AFP.


Seorang polisi senior lainnya, Ameen Ullah, menyebut sedikitnya 31 orang tewas akibat ledakan ini. Sekitar 22 orang di antaranya disebut sebagai warga Syiah.

Lebih dari 50 orang lainnya mengalami luka-luka, dengan 17 orang di antaranya kini dalam kondisi kritis.

Belum ada pihak maupun kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini.


Distrik Orakzai diketahui merupakan salah satu dari tujuh kawasan persukuan semi-otonomi di dekat perbatasan Afghanistan. Area itu diketahui sejak lama menjadi lokasi pertempuran melawan teror.

Berbagai operasi militer digelar di area yang dikenal dengan sebutan Area Kesukuan yang Dikelola Secara Federal (FATA). Beberapa tahun terakhir, keamanan di area itu mulai mengalami peningkatan. Meskipun serangan-serangan level bawah masih sesekali terjadi, yang terkadang menargetkan warga Syiah di area tersebut.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed