DetikNews
Rabu 21 November 2018, 15:11 WIB

Kondisi Pilu Bocah Yaman Umur 10 Tahun yang Beratnya Hanya 8 Kg

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kondisi Pilu Bocah Yaman Umur 10 Tahun yang Beratnya Hanya 8 Kg Ghazi Saleh yang dirawat karena menderita malnutrisi parah (Foto: AFP)
Sanaa - Kondisi bocah laki-laki di Yaman ini sungguh memprihatinkan. Di usia 10 tahun, berat badannya hanya 8 kilogram! Jangankan untuk bergerak, bahkan untuk menangis pun dia terlalu lemah.

Ghazi Saleh saat ini tengah dirawat di rumah sakit di kota Taez. Dengan kondisinya yang mengalami malnutrisi akut, bocah tersebut hanya bisa terbaring lemah.

Konflik berkepanjangan yang melanda Yaman telah menyebabkan sekitar 14 juta warga Yaman saat ini berisiko mengalami kelaparan. Menurut badan anak-anak PBB, UN children's agency (UNICEF), lebih dari separuh dari 14 juta orang yang berada di ambang kelaparan tersebut adalah anak-anak.


Rumah Sakit Al-Mudhafar, tempat Ghazi dirawat, menangani banyak anak-anak yang menderita kelaparan parah.

Eman Ali, perawat di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa Ghazi menderita malnutrisi akut. "Dia tidak makan dengan baik untuk sementara waktu, dan akhirnya dia mencapai situasi ini," ujarnya seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (21/11/2018).

Di rumah sakit itu, para dokter dan perawat sibuk menangani anak-anak yang mengalami malnutrisi parah.

Banyaknya anak-anak yang mengalami malnutrisi parah telah menjadi refleksi sistem kesehatan di Yaman, di mana anak-anak menanggung akibat perang antara pemerintah yang didukung Arab Saudi dengan para pemberontak Houthi yang didukung Iran.


"Kami menerima kasus tersebut (malnutrisi) setiap hari, dan sebagian dari mereka sangat parah," ujar Sona Othman, kepala bagian nutrisi Rumah Sakit Al-Mudhafar.

"Kasus Ghazi sangat buruk dan ini mencerminkan situasi kesehatan negara yang memburuk," imbuhnya.

Perang yang terjadi di Yaman sejak tahun 2015 dilaporkan telah menewaskan sekitar 10 ribu orang. PBB bahkan menyebut krisis di Yaman sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Lebih dari 22 juta orang -- tiga perempat dari populasi Yaman -- saat ini bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed