DetikNews
2018/11/20 17:16:30 WIB

Media Turki Rilis Kutipan Rekaman Pembunuhan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Media Turki Rilis Kutipan Rekaman Pembunuhan Khashoggi Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Istanbul - Media lokal Turki, Haberturk, untuk pertama kali merilis sejumlah kutipan dari rekaman audio yang menjadi bukti kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Kutipan rekaman audio itu jelas menunjukkan tindak kekerasan yang dialami Khashoggi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul.

Seperti dilansir Hurriyet Daily News, Selasa (20/11/2018), kutipan-kutipan dari rekaman audio pembunuhan Khashoggi itu diungkapkan olah kolumnis media ternama Turki, Haberturk, Cetiner Cetin, yang mengutip sejumlah sumber keamanan Turki.

Dilaporkan Haberturk bahwa rekaman pertama menunjukkan Khashoggi disergap oleh tim Saudi sesaat setelah dia masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu, sekitar pukul 13.14 waktu setempat.

"Lepaskan tangan saya! Apa yang Anda lakukan?" ucap Khashoggi seperti terdengar dalam rekaman pertama yang disebut direkam di gedung 'unit A' pada Konsulat Saudi, yang menjadi lokasi layanan visa. Laporan Haberturk menyebut, pertengkaran antara Khashoggi dengan empat anggota tim Saudi bisa didengar selama 7 menit dalam rekaman pertama itu.


Empat anggota tim Saudi kemudian membawa Khashoggi ke gedung 'unit B' pada Konsulat Saudi, yang menjadi lokasi bagian administrasi. Rekaman berdurasi 4 menit di gedung ini tidak hanya menunjukkan pertengkaran verbal, tapi juga suara perkelahian fisik dan pemukulan serta penganiayaan.

Selain empat anggota tim Saudi itu, bisa didengar suara tiga orang lainnya dalam rekaman tersebut selain suara Khashoggi. Laporan Haberturk menyebut sumber-sumber keamanan Turki menyimpulkan salah satu dari tiga orang lainnya dalam rekaman itu adalah Maher Abdulaziz Mutreb, yang diduga kuat memimpin tim Saudi ini. Satu orang lainnya adalah Konsul Jenderal Saudi Mohammad al-Otaibi dan satu lagi belum diketahui identitasnya.

"Pengkhianat! Kamu akan dihukum!" demikian kutipan yang diduga datang dari Mutreb dalam rekaman kedua di gedung 'unit B'. Kata-kata itu diucapkan Mutreb saat Khashoggi tiba di gedung 'unit B' tersebut. Mutreb dikenal sebagai mantan diplomat dan menjadi agen intelijen senior Saudi.

Para pejabat Turki dilaporkan menyimpulkan suara itu adalah suara Mutreb dengan mencocokkan sampel suara yang direkam polisi bea cukai Turki saat Mutreb tiba di Bandara Ataturk, Istanbul pada hari pembunuhan, 2 Oktober lalu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed