DetikNews
Selasa 20 November 2018, 11:48 WIB

Uskup Polandia Minta Maaf Atas Kejahatan Seks Pastor terhadap Anak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Uskup Polandia Minta Maaf Atas Kejahatan Seks Pastor terhadap Anak Foto: BBC World
Warsawa - Para uskup Polandia meminta maaf kepada anak-anak yang telah menjadi korban kejahatan seks para pastor dan tokoh-tokoh Gereja lainnya di negara tersebut.

"Kami meminta maaf kepada Allah, semua korban pelecehan seksual, keluarga mereka, dan seluruh komunitas Gereja atas semua penderitaan yang diderita anak-anak dan orang muda, serta keluarga mereka, oleh para imam, orang percaya, dan orang awam yang dipekerjakan oleh Gereja," demikian disampaikan para uskup dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan di Polandia selatan.



"Untuk para korban, kejahatan ini adalah sumber penderitaan mendalam yang menandai kehidupan mereka, keluarga mereka, dan komunitas agama," imbuh para uskup Polandia seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (20/11/2018).

Statemen ini disampaikan tiga pekan setelah perilisan film "Kler" (The Clergy) tentang pelanggaran dan korupsi di Gereja Katolik. Film tersebut telah ditonton oleh hampir dua juta orang di Polandia dalam satu pekan -- sebuah rekor di negara berpenduduk 38 juta jiwa itu.



Dalam statemennya, para uskup Polandia berkomitmen untuk memerangi "kejahatan ini" dengan memastikan agar semua tersangka dalam kasus-kasus yang terkonfirmasi dibawa ke jaksa.

Sebelumnya, Gereja Katolik Polandia menyampaikan permintaan maaf empat tahun lalu atas kejahatan fedofilia yang dilakukan para anggota gereja.




Tonton juga 'Pastor Asal Zimbabwe Ini Mengaku Punya Nomor Telepon Tuhan':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed