DetikNews
Jumat 16 November 2018, 11:38 WIB

Lebih dari 600 Orang Hilang dalam Kebakaran Hutan di California

Rita Uli Hutapea - detikNews
Lebih dari 600 Orang Hilang dalam Kebakaran Hutan di California penampakan kebakaran di California dilihat dari satelit (Foto: Dok. NASA/Handout via REUTERS)
California - Jumlah orang yang dinyatakan hilang dalam kebakaran hutan di California, Amerika Serikat terus bertambah. Sejauh ini, lebih dari 600 orang dinyatakan hilang dalam salah satu kebakaran paling mematikan di California itu.

Sheriff Butte County, Kory Honea menyatakan, jumlah warga yang hilang telah meningkat dua kali lipat menjadi 631 orang setelah para petugas kembali ke lokasi kebakaran dan memeriksa panggilan telepon darurat yang dilakukan ketika kebakaran itu terjadi sepekan lalu.

"Saya ingin kalian memahami bahwa kekacauan yang kita hadapi ini sangat luar biasa," ujar Honea kepada para wartawan saat menjelaskan tingginya lonjakan angka tersebut, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (16/11/2018).


Para petugas juga telah menemukan tujuh lagi jasad korban. Dengan ketujuh korban tersebut, sejauh ini sudah 63 orang yang tewas dalam kebakaran hutan yang dinamai "Camp Fire" di California utara tersebut.

Hingga Rabu (14/11) malam waktu setempat, Camp Fire telah membakar area seluas 55 ribu hektare. Area yang dilalap api masih sangat luas meski hembusan angin mulai berkurang dan kelembapan di area itu meningkat sehingga membantu petugas pemadam dalam pemadaman.

Gubernur California, Jerry Brown dan Menteri Dalam Negeri AS Ryan Zinke bersama para pejabat tinggi AS lainnya yang mengunjungi area terdampak pada Rabu (14/11) waktu setempat menyatakan kekagetannya atas situasi yang terjadi.


"Ini merupakan salah satu bencana terburuk yang pernah saya lihat sepanjang karier saya," ucap Kepala Badan Penanggulangan Urusan Darurat Federal AS (FEMA), Brock Long kepada para wartawan.

Sementara itu, kebakaran lain yang dinamai 'Woolsey Fire' yang melalap California bagian selatan dilaporkan telah menewaskan tiga orang. Kebakaran itu juga telah menghancurkan lebih dari 500 bangunan dan membuat 200 ribu orang mengungsi.

Otoritas pemadam kebakaran California menyebut 52 persen area yang dilalap Woolsey Fire telah berhasil dipadamkan hingga Rabu (14/11) malam waktu setempat.


Saksikan juga video 'Penampakan dari Udara Kebakaran Hutan di California':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed