DetikNews
Kamis 15 November 2018, 18:59 WIB

Jaksa Saudi Tuntut Vonis Mati untuk 5 Tersangka Pembunuhan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Jaksa Saudi Tuntut Vonis Mati untuk 5 Tersangka Pembunuhan Khashoggi Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Riyadh - Jaksa penuntut umum Arab Saudi menuntut hukuman mati untuk lima dari 11 tersangka yang didakwa atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Jaksa Saudi menyebut total ada 21 tersangka yang diselidiki atas kasus pembunuhan ini.

Dituturkan Wakil Jaksa Penuntut Umum dan juru bicara kantor jaksa Saudi, Shaalan al-Shaalan, kepada wartawan setempat seperti dilansir Reuters dan CNN, Kamis (15/11/2018), bahwa Khashoggi (60) dibunuh usai 'negosiasi' untuk memintanya kembali ke Saudi gagal dilakukan.

Al-Shaalan menyebut bahwa Wakil Kepala Intelijen Saudi, Ahmed al-Assiri -- yang sudah dicopot dari jabatannya, memerintahkan misi untuk memaksa Khashoggi kembali ke Saudi. Dia merupakan sosok yang membentuk tim beranggotakan 15 orang yang dikirim ke Istanbul, Turki.


Tim yang dibentuk itu, sebut Al-Shaalan, dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni tim negosiasi, tim intelijen dan tim logistik. Al-Shaalan menyebut, kepala tim negosiasi, yang tak disebut namanya, merupakan sosok yang memberikan perintah pembunuhan Khashoggi.

"Jaksa penuntut umum telah meminta hukuman mati untuk lima individu yang didakwa atas memerintahkan dan melakukan kejahatan dan meminta hukuman yang pantas untuk individu lainnya yang juga didakwa," sebut Al-Shaalan, tanpa menyebut lebih lanjut nama lima individu yang dimaksud.

Disebutkan Al-Shaalan bahwa 11 dari total 21 tersangka dalam kasus ini, telah didakwa. Persidangan untuk 11 tersangka itu disebut akan segera digelar dalam waktu dekat.


Al-Shaalan menyatakan, penyelidikan terhadap tersangka-tersangka lainnya masih berlanjut, terutama untuk mencari tahu peran mereka dalam kejahatan yang menjadi sorotan global ini.

Khashoggi yang seorang jurnalis senior dan kolumnis The Washington Post ini tewas dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Jaksa penuntut umum Istanbul menyebut Khashoggi dicekik hingga tewas dan jenazahnya dimutilasi.

Namun keberadaan jenazah Khashoggi hingga kini masih misterius.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed