ADVERTISEMENT

Viral Gedung 5 Tingkat 'Berlayar' di Sungai Yangtze, Publik Heran

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 15 Nov 2018 15:24 WIB
Pemandangan tak biasa di Sungai Yangtze membuar publik China heran (YouTube Screengrab/CGTN via AsiaOne)
Beijing - Publik China dibuat terkejut dengan keberadaan sebuah gedung bertingkat lima lantai yang mengapung dan 'berlayar' di tengah Sungai Yangtze. Rekaman video yang menunjukkan pemandangan tak biasa itu memicu kehebohan di media sosial.

Seperti dilaporkan media lokal CGTN dan dilansir Daily Mail, Kamis (15/11/2018), pemandangan tak biasa itu dilaporkan muncul pada Sabtu (10/11) lalu.

Video yang beredar menunjukkan sebuah gedung bertingkat yang berukuran besar -- dengan atap warna merah dan balkon terbuka mirip apartemen -- didorong oleh dua kapal kecil. Dari kejauhan, gedung bertingkat itu tampak bergerak perlahan di tengah-tengah sungai terkenal tersebut.

Laporan media lokal China menyebut gedung bertingkat itu merupakan sebuah restoran bernama 'Impression Jiangjin' yang memang sebuah restoran apung. Restoran itu diperintahkan oleh otoritas setempat untuk direlokasi karena memicu banyak polusi bagi Sungai Yangtze.


Menurut otoritas maritim Chongqing, restoran apung semacam ini dilarang di distrik Jiangjin karena kekhawatiran memicu polusi. Disebutkan otoritas maritim tersebut bahwa para konsumen biasanya meninggalkan sejumlah besar sampah di tepi sungai setelah mereka makan di restoran tersebut.

Situasi ini disebut telah memicu polusi serius di area sekitar dan kehidupan binatang di dalam sungai. Untuk melindungi Sungai Yangtze, otoritas Chongqing memulai inspeksi selama setahun terhadap berbagai restoran apung di wilayahnya sejak tahun 2017.

Media lokal Jiangjin Daily News yang mengutip pemberitahuan otoritas setempat menyebut total ada delapan restoran, termasuk Impression Jiangjin, yang diperintahkan berhenti beroperasi sebelum 16 Juni tahun ini. Area Sungai Yangtze di wilayah Jiangjin juga diperintahkan untuk 'dibersihkan'.

Pada Sabtu (10/11) lalu, restoran Impression Jiangjin itu sedang dipindahkan ke sebuah lokasi baru di Chongqing. Bangunan bertingkat yang difungsikan sebagai restoran itu mampu mengapung di atas air, namun tidak bisa bergerak sendiri, sehingga harus didorong oleh dua kapal kecil.


Pemindahan yang dilakukan memang tergolong tidak biasa dan memicu keheranan publik setempat. "Ini di luar batas imajinasi!" sebut salah satu komentar di media sosial China.

"Ini yang Anda sebut sebagai 'pemindahan epik," komentar pengguna media sosial lainnya. "Sebuah objek yang tidak bisa bergerak kini mengapung di sepanjang sungai ... Mengagumkan!" timpal komentar lainnya.

"Chongqing sungguh sebuah kota magis," tutur pengguna media sosial setempat.

(nvc/rna)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT