DetikNews
Rabu 14 November 2018, 02:12 WIB

Sindir Macron, Trump: Make France Great Again

Andhika Prasetia - detikNews
Sindir Macron, Trump: Make France Great Again Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: REUTERS/Charles Platiau)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengkritik Presiden Prancis Emmanuel Macron karena seruannya membentuk tentara Eropa 'yang sejati' untuk menangkal ancaman dari AS. Trump pun menyoroti angka pengangguran di Prancis.

"Masalahnya adalah Emmanuel menderita dari Peringkat Persetujuan yang sangat rendah di Prancis, 26%, dan tingkat pengangguran hampir 10%," ujar Trump di Washington DC seperti dilansir Reuters dan Anadolou Agency, Rabu (14/11/2018).


"Make France Great Again!!" seru Trump.

Trump mengacu pada pidato yang disampaikan Macron selama akhir pekan pada peringatan seratus tahun Perang Dunia I di mana Macron mencemooh bahaya nasionalisme dalam sebuah kritik terselubung doktrin Trump.

Dalam pidatonya, Macron mengecam negara-negara yang menaruh "kepentingan kita terlebih dahulu," dan memperingatkan "iblis kita muncul kembali" pada peringatan Perang Dunia.

Macron mendesak pembentukan militer Eropa, memberi tahu radio Prancis "Kita harus melindungi diri kita sendiri dengan menghormati Cina, Rusia dan bahkan Amerika Serikat".


Saksikan juga video 'Peluk dan Cium Donald Trump untuk Presiden Prancis':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed