DetikNews
Senin 12 November 2018, 15:27 WIB

Jet Tempur AS Jatuh ke Laut di Okinawa Jepang, 2 Orang Selamat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jet Tempur AS Jatuh ke Laut di Okinawa Jepang, 2 Orang Selamat ilustrasi jet tempur AS (Foto: Justin Connaher/US Air Force)
Tokyo - Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat jatuh ke laut lepas Pulau Okinawa, Jepang selatan. Pilot dan kopilot berhasil selamat dalam insiden itu.

Juru bicara Biro Pertahanan Okinawa Kementerian Pertahanan Jepang, Osamu Kosakai, mengatakan, jet tempur itu jatuh sekitar 250 kilometer timur-tenggara Naha, ibu kota Okinawa pada Senin (12/11) sekitar pukul 11.45 waktu setempat.




Dikatakannya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (12/11/2018), dua kru jet temput berhasil melontarkan diri dan diselamatkan oleh sebuah helikopter militer AS. Kosakai mengatakan, jet tempur tersebut jatuh "dikarenakan masalah mesin."

Dikatakan Kosakai, insiden tersebut tidak bersifat membahayakan nyawa.




Sementara itu, juru bicara penjaga pantai mengatakan, otoritas penjaga pantai mengerahkan sebuah pesawat ke perairan tersebut untuk melihat apakah ada serpihan ataupun minyak yang mengambang di laut.

Okinawa merupakan markas bagi sekitar 47 ribu personel militer Amerika Serikat yang ditempatkan di Jepang. Selama puluhan tahun, banyak warga Okinawa telah menyerukan agar sebagian dari pasukan AS tersebut dipindahkan ke tempat lain. Seruan ini meningkat setelah serangkaian kecelakaan dan kejahatan yang dilakukan personel militer AS dan pekerja di pangkalan militer AS.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed