DetikNews
Minggu 11 November 2018, 11:12 WIB

Gara-gara Hujan, Trump Tak Hadiri Penghormatan ke Tentara PD I

Rina Atriana - detikNews
Gara-gara Hujan, Trump Tak Hadiri Penghormatan ke Tentara PD I Donald Trump (Foto: BBC World)
Paris - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sedianya hadir di seremonial untuk mengenang para tentara AS yang tewas di Perang Dunia I di Paris, Prancis. Namun, Trump tak jadi hadir gara-gara hujan.

Dilansir dari Reuters, Minggu (11/11/2018), upacara tersebut digelar Sabtu (10/11) waktu setempat. Gedung Putih memberi pernyataan bahwa hujan membuat Trump kesulitan terkait akses transportasi.


Pembatalan di menit-menit akhir membuat Trump mendapat kritikan di media sosial. Beberapa tokoh di Inggris menyebut keputusan Trump itu seolah 'menghina' para prajurit AS yang telah berjuang dalam perang.

Upacara seremonial terhadap para tentara AS itu bertempat di Pemakaman Amerika Aisne-Marne di Belleau, sekitar 85 km sisi timur Kota Paris. Melania juga sedianya hadir di acara itu.

Gara-gara Hujan, Trump Tak Hadiri Penghormatan ke Tentara PD IFoto: Dok. REUTERS/Charles Platiau
Reuters melaporkan, hujan yang turun kala itu tak terlalu besar. Namun helikopter Trump tetap tak jadi melakukan perjalanan ke lokasi.

"(Kehadirannya) telah dibatalkan terkait jadwal dan kesulitan logistik yang disebabkan oleh cuaca," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.


Anggota Parlemen Inggris Nicholas Soames yang juga cucu mantan Perdana Menteri Winston Churchill melayangkan kriitik terhadap Trump melalui Twitter. Soames menyatakan Trump tak menghormati para prajurit AS.

"Mereka mati dengan wajah mereka menghadap ke musuh, dan @realDonaldTrump tidak jadi hadir dan tak melawan cuaca untuk memberi penghormatan kepada mereka yang gugur," kicau Soames.


(rna/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed