DetikNews
Rabu 31 Oktober 2018, 18:38 WIB

23 Orang Tertimbun Longsor yang Dipicu Topan Yutu di Filipina

Novi Christiastuti - detikNews
23 Orang Tertimbun Longsor yang Dipicu Topan Yutu di Filipina Dampak topan Yutu di Filipina (Eivron del Rosario/via REUTERS)
Manila - Sedikitnya 23 orang dikhawatirkan tertimbun longsor dan puing di Filipina usai topan Yutu menerjang. Dengan tangan kosong dan sekop, petugas penyelamat setempat berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan mereka.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (31/10/2018), terjangan topan Yutu yang membawa hujan deras di area pegunungan sebelah utara Filipina telah memicu banjir dan longsor mematikan.


Enam orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan yang ambruk akibat longsor di Provinsi Mountain, bagian dari kawasan Cordillera. Dua orang lainnya ditemukan meninggal dunia.

Topan Yutu menyapu pulau utama Luzon pada Selasa (30/10) waktu setempat dengan membawa angin berkecepatan 140 kilometer per jam dan hembusan mencapai 230 kilometer per jam.

Sekitar 360 polisi, tentara, petugas pemadam dan personel pekerjaan umum melakukan penggalian di timbunan longsor tersebut. Longsor mengubur sebuah gedung yang dipakai sebagai tempat berlindung oleh 20 pekerja, satu teknisi, tiga petugas keamanan dan 6-7 warga lokal dari topan Yutu.


Sekitar 23 orang diyakini masih terjebak timbunan longsor.

"Terkubur sepenuhnya. Waktu sangat penting. Persoalannya bukan personel tapi aksesnya," sebut juru bicara Kantor Pertahanan Sipil setempat, Edgar Posadas, kepada wartawan.

Sejauh ini dilaporkan 11 orang tewas dalam berbagai insiden yang dipicu topan Yutu. Di antara korban tewas terdapat empat anak-anak berusia 5-11 tahun dan seorang pria yang tewas tenggelam di sungai yang meluap.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed