DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 12:30 WIB

Khashoggi Tewas, Senator AS Serukan Pengusiran Dubes Arab Saudi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Khashoggi Tewas, Senator AS Serukan Pengusiran Dubes Arab Saudi gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul (Foto: Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Washington - Anggota Kongres Amerika Serikat terus mendesak pemerintah AS untuk menerapkan konsekuensi berat terhadap Arab Saudi terkait kasus pembunuhan wartawan kawakan, Jamal Khashoggi.

Senator Dick Durbin bahkan menyerukan pengusiran Duta Besar (Dubes) Saudi untuk AS, Pangeran Khalid bin Salman dikarenakan kasus Khashoggi. Senator level tertinggi kedua partai Demokrat di Senat AS tersebut juga mengecam Presiden Donald Trump yang menerima -- meski kemudian menyatakan tidak puas -- penjelasan Saudi terkait tewasnya Khashoggi di gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

"Satu-satunya orang di dunia selain kerajaan Saudi yang tampaknya menerima "penyelidikan" Saudi adalah Presiden Trump," tulis Durbin di akun Twitter-nya seperti dilansir media Turki, Anadolu Agency, Selasa (23/10/2018).




"Kita harus mengusir Dubes Saudi untuk AS sampai ada penyelesaian penyelidikan pihak ketiga atas penculikan dan pembunuhan Jamal Khashoggi," imbuhnya dalam postingan di Twitter.

Khashoggi (60), jurnalis senior dan kolumnis The Washington Post, menghilang sejak masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Setelah selama dua pekan terus membantah, otoritas Saudi pada Sabtu (20/10) lalu akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam perkelahian di gedung konsulat.

Namun dalam penjelasan terpisah pada Minggu (21/10) waktu setempat, Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, menyatakan otoritas Saudi tidak tahu di mana jenazah Khashoggi saat ini.


Secara terpisah, seorang pejabat senior Saudi yang enggan disebut identitasnya menuturkan kepada Reuters, Khashoggi tewas dicekik dalam intimidasi yang dilakukan tim khusus dari Saudi. Jenazah Khashoggi disebut dibungkus dengan karpet dan diserahkan ke warga lokal untuk dibuang.

Pejabat senior yang sama juga menyebut bahwa usai Khashoggi tewas, salah satu anggota tim sempat menyamar menjadi Khashoggi untuk mengecoh. Anggota tim itu memakai pakaian Khashoggi dan berjalan keluar lewat pintu belakang agar seolah-olah Khashoggi telah keluar dengan selamat dari Konsulat Saudi. Belum ada tanggapan resmi dari otoritas Saudi terkait pernyataan pejabat senior mereka ini.


Simak Juga 'Di Mana Jenazah Jamal Khashoggi?':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed