DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 00:32 WIB

Terjadi Lagi, Pastor di Prancis Bunuh Diri usai Tuduhan Pencabulan

Danu Damarjati - detikNews
Terjadi Lagi, Pastor di Prancis Bunuh Diri usai Tuduhan Pencabulan Foto ilustrasi: Bendera Prancis (Internet)
Jakarta - Sekitar sebulan lalu, seorang pastor di Prancis yang dituduh mencabuli wanita muda ditemukan tewas karena bunuh diri. Kini peristiwa serupa terjadi lagi.

Dilansir AFP, Selasa (23/10/2018), Pierre-Yves Fumery (38) gantung diri di pastoran tempat dia tinggal, di Kota Gien, lembah Loire. Jasadnya ditemukan pada Sabtu (20/10) kemarin.

Keterangan ini disampaikan oleh otoritas Katolik setempat. Sebelumnya, dia dituduh melakukan penyerangan seksual terhadap seorang anak-anak.


Jaksa setempat, Loic Abrial, mengatakan dia telah ditanyai oleh polisi pada sepekan sebelumnya, terkait dugaan serangan seksual terhadap seorang anak di bawah usia 15 tahun.

Fumery belum dituntut secara formal, namun dugaan kasus itu sedang dalam investigasi. Laporan-laporan soal serangan seksual yang diduga dilakukan Fumery datang dari masyarakat setempat.

Uskup Orleans, Jacques Blaquart, yang membawahi kawasan Gien, menyebut kejadian itu sebagai "momen penderitaan dan sebuah cobaan yang tragis".


Blaquart mengatakan sejumlah jemaat paroki Fumery telah memperhatikan perangai pastor yang tak patut terhadap anak-anak usia 13, 14, dan 15 tahun, termasuk seorang gadis kecil yang dia gandeng masuk ke rumah beberapa kali.

Fumery telah diminta mundur sebelumnya oleh keuskupan, juga dipersilakan meninggalkan kota untuk sementara waktu. Fumery sempat melaksanakan saran itu dan kembali lagi ke Gien.


Dalam sebulan terakhir, Fumery adalah pastor kedua yang melakukan bunuh diri di tengah persoalan yang serupa. Pada 19 September, Jean-Baptiste Sebe (38) menggantung dirinya sendiri di dalam gereja di bagian utara kota Rouen. Bunuh diri ini dia lakukan usai ada seorang perempuan yang menuduhnya telah melakukan penyerangan seksual terhadap kakak perempuannya.

Gereja Katolik telah diguncang serangkaian skandal paedofilia dalam 25 tahun terakhir. Pastor paling senior di Prancis Philippe Barbarin tengah terjerat kasus, dia disidang pada Januari kemarin karena dugaan menutupi kasus pelecehan seorang pastor yang melecehkan anak pramuka di Lyon, pada dekade 1980-an.


(dnu/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed