DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 12:28 WIB

Sahabat Minta Jenazah Khashoggi Dikembalikan Agar Bisa Dimakamkan

Ray Jordan - detikNews
Sahabat Minta Jenazah Khashoggi Dikembalikan Agar Bisa Dimakamkan Foto: Middle East Monitor/Handout via REUTERS
Jakarta - Teman-teman wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi yang terbunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki menuntut pemerintah Arab Saudi untuk mengembalikan jenazah Khasoggi. Teman Khashoggi ingin memakamkan jasad tersebut.

Setelah hampir tiga minggu di mana ia menyangkal sesuatu yang tidak diinginkan telah terjadi di tempat diplomatiknya di Turki, Arab Saudi mengakui Khashoggi telah meninggal tetapi mengatakan itu adalah akibat tidak disengaja dari perkelahian.


Kepala Asosiasi Media Arab Turki dan seorang teman Khashoggi, Turan Kislakci meminta Arab Saudi untuk menyerahkan tubuh Khashoggi. Dia ingin mengadakan pemakaman untuk temannya itu.

"Beri kami Jamal, supaya kita bisa mengadakan pemakaman baginya. Agar semua orang yang peduli padanya, pemimpin dunia, bisa datang ke sini ke Istanbul untuk menghadiri pemakaman," kata Kislakci kepada media di depan konsulat Arab Saudi di Istanbul, seperti dilansir CNN, Minggu (21/10/2018).


Kislakci juga menyebut, pembunuhan terhadap Khashoggi merupakan tindakan yang brutal. Dia juga mengenang dugaan kasus disanderanya Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri pada November tahun lalu.

"Tepat 18 hari yang lalu, pembunuhan brutal dilakukan. Seperti Saad Hariri, kami pikir (Khashoggi) akan keluar. Tiga hari kemudian kami kehilangan harapan itu," katanya.

Sementara itu, tunangan Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz menulis sebuah pesan perpisahan. Dia menuntut keadilan untuk tunangannya itu.


(jor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed