DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 18:21 WIB

Turki Bersumpah Akan Ungkap Semua Detail Kematian Khashoggi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Turki Bersumpah Akan Ungkap Semua Detail Kematian Khashoggi gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul (Foto: Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Ankara - Turki bersumpah akan mengungkap semua detail terkait kematian jurnalis Jamal Khashoggi. Hal ini disampaikan setelah pemerintah Saudi mengakui bahwa jurnalis kawakan itu tewas di gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

"Turki akan mengungkap apa pun yang terjadi. Jangan ada yang meragukan soal itu," tegas Omer Celik, juru bicara partai berkuasa Turki, Justice and Development Party (AKP) seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu (20/10/2018).




Khashoggi, penulis kolom Washington Post dan pengkritik kebijakan pemerintah Arab Saudi, terakhir kali terlihat pada 2 Oktober lalu saat memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Pengakuan pemerintah Saudi mengenai kematian Khashoggi muncul setelah selama dua pekan ini, otoritas Saudi bersikeras bahwa jurnalis itu telah keluar dari Konsulat dalam keadaan hidup.

Celik mengatakan bahwa merupakan "utang kehormatan" Turki untuk mengungkap apa yang terjadi pada Khashoggi.

"Kami tidak menuduh siapa pun tetapi kami tidak menerima apa pun untuk terus ditutupi," katanya.


Khashoggi terakhir kali terlihat pada 2 Oktober lalu usai memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Pejabat-pejabat Turki menuduh Saudi telah membunuh dan memutilasi jasad jurnalis kawakan tersebut. Namun Saudi bersikeras membantahnya hingga akhirnya pada Sabtu (20/10) ini, pemerintah Saudi mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam perkelahian di gedung Konsulat. Namun meski mengakui kematian Khashoggi, pemerintah Saudi tidak menyebutkan di mana jasad penulis kolom Washington Post, yang kerap mengkritik kebijakan pemerintah Saudi itu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +