DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 15:28 WIB

Kronologi Hilangnya Khashoggi Hingga Dinyatakan Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kronologi Hilangnya Khashoggi Hingga Dinyatakan Tewas Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi (Foto: Dok. Facebook Jamal Khashoggi via NDTV)
Washington - Untuk pertama kalinya, pemerintah Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa Jamal Khashoggi, jurnalis kawakan yang hilang sejak dua pekan lalu, telah tewas dalam perkelahian di gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Pengakuan Saudi ini jauh berbeda dengan pernyataan pejabat-pejabat Turki, yang meyakini bahwa jurnalis pengkritik kebijakan pemerintah Saudi itu disiksa, dibunuh dan jasadnya dimutilasi oleh agen-agen Saudi yang dikirimkan ke Istanbul.

Pejabat-pejabat Turki yakin bahwa 15 pria Saudi yang tiba di Istanbul pada 2 Oktober lalu, terkait dengan kematian Khashoggi. Beberapa dari mereka disebut memiliki hubungan tingkat tinggi dengan pemerintah Arab Saudi.

Berikut kronologi hilangnya Khashoggi pada 2 Oktober lalu, seperti dilaporkan Washington Post, Sabtu (20/10/2018).

- Selasa, 2 Oktober:

03:28 (waktu setempat): Sebuah pesawat pribadi yang menurut otoritas Turki, membawa agen-agen Saudi tiba di bandara Istanbul.

05.05: Setelah menunjukkan paspor dan meninggalkan bandara, para agen Saudi itu terlihat masuk ke dua hotel di dekat gedung Konsulat Saudi.

12.13: Mobil-mobil van yang oleh pejabat-pejabat Turki disebut sebagai kendaraan diplomatik, terekam kamera tiba di gedung Konsulat. Pejabat-pejabat Turki mengatakan, van-van tersebut membawa beberapa orang dari tim yang tiba dengan jet pribadi dari Arab Saudi.

13.14: Khashoggi memasuki gedung Konsulat. Dia mendatangi Konsulat untuk mengurus surat-surat untuk keperluan pernikahannya dengan tunangannya. Dia pun memberikan dua telepon selulernya kepada sang tunangan, Hatice Cengiz, yang menunggu di luar Konsulat. Khashoggi berpesan agar tunangannya menelepon seorang pejabat Turki jika dirinya tidak keluar dari Konsulat.

15.08: Kendaraan-kendaraan meninggalkan Konsulat dan tiba di kediaman Konsul Jenderal (Konjen) Saudi seperti terekam dalam kamera CCTV. Rumah dinas Konjen Saudi letaknya tak jauh dari gedung Konsulat.

17.15: Jet pribadi kedua yang menurut pejabat-pejabat Turki, mengangkut sejumlah pejabat Saudi, mendarat di Istanbul.

17.33: Tunangan Khashoggi terekam dalam kamera CCTV tengah menunggu di luar Konsulat. Dia akhirnya menggunakan ponsel Khashoggi untuk melaporkan penulis kolom di Washington Post itu hilang.

18.20: Salah satu jet pribadi Saudi bertolak meninggalkan bandara Istanbul.

22.46: Jet pribadi kedua meninggalkan bandara Istanbul.




- Rabu, 3 Oktober

01.00: Dalam rekaman CCTV, tunangan Khashoggi terlihat masih menunggu di luar Konsulat. Di hari yang sama, dia datang kembali ke Konsulat untuk mencoba menemukan Khashoggi. Hari itu seharusnya menjadi hari pernikahan pasangan tersebut.

Pada Rabu sore, pejabat-pejabat Saudi mengkonfirmasi Khashoggi hilang namun menyatakan dia telah meninggalkan gedung Konsulat. Tak ada rekaman video yang menunjukkan Khashoggi meninggalkan Konsulat. Pada Rabu malam, Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan dalam wawancara dengan Bloomberg bahwa kepolisian Turki bisa menggeledah Konsulat Saudi. "Kami tak ada yang disembunyikan," ujarnya saat itu.

- Kamis, 4 Oktober
Pejabat-pejabat Turki memanggil Duta Besar (Dubes) Saudi untuk datang ke Ankara, ibu kota Turki, untuk membahas hilangnya Khashoggi.

- Jumat, 5 Oktober
Pemerintah Saudi kembali menyatakan bahwa otoritas Turki dipersilakan untuk melakukan penggeledahan di Konsulat Saudi.

- Sabtu, 6 Oktober
Pejabat-pejabat Turki secara terbuka mulai menyatakan bahwa mereka yakin Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Saudi. "Penilaian awal kepolisian Turki adalah bahwa Tuan Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul," ujar seorang pejabat Turki kepada Reuters. "Kami yakin bahwa pembunuhan tersebut terencana dan jasadnya kemudian dipindahkan dari Konsulat," imbuhnya.

- Minggu, 7 Oktober
Kepolisian Turki mengatakan mereka punya bukti yang mendukung klaim bahwa Khashoggi dibunuh di Konsulat, termasuk rekaman-rekaman di bandara dan rekaman video tentang beberapa kotak yang dimasukkan ke sebuah mobil. Kepolisian meyakini bahwa "skuad pembunuhan" yang terdiri dari 15 pria yang tiba dari Saudi, telah melakukan pembunuhan Khashoggi.

- Senin, 8 Oktober
Dubes Saudi untuk Turki dipanggil ke Ankara untuk kedua kalinya guna meminta izin menggeledah Konsulat Saudi.

- Selasa, 9 Oktober
Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, Dubes Saudi untuk Amerika Serikat, membantah telah terjadi sesuatu pada Khashoggi di gedung Konsulat Saudi di Turki. "Saya pastikan bahwa laporan-laporan yang menyebut bahwa Jamal Khashoggi hilang di Konsulat di Istanbul atau bahwa otoritas Kerajaan telah menahan dia atau membunuh dia, adalah benar-benar salah dan tidak berdasar," katanya saat itu.

Seorang pejabat Turki kemudian mengatakan bahwa negaranya punya bukti bahwa Khashoggi ditahan, disiksa, dibunuh dan jasadnya dimutilasi dalam waktu dua jam sejak kedatangannya di Konsulat Saudi pada 2 Oktober lalu.


- Senin, 15 Oktober
Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan bahwa "pemeriksaan" di Konsulat Saudi akan dilakukan pada Senin sore. Presiden AS Donald Trump kemudian mengatakan bahwa "para pembunuh jahat" bertanggung jawab atas hilangnya Khashoggi. Pemerintah Saudi pun kembali membantah terlibat dalam hilangnya Khashoggi.

- Selasa, 16 Oktober
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Raja Salman, MBS dan Menlu Adel al-Jubeir dalam lawatan ke Saudi. Menurut Pompeo, mereka semua menyatakan tidak tahu apa yang terjadi dengan Khashoggi di gedung Konsulat Saudi di Istanbul.

- Sabtu, 20 Oktober
Akhirnya untuk pertama kalinya, pemerintah Saudi mengakui bahwa Khashoggi tewas di gedung Konsulat Saudi. Kejaksaan Agung Arab Saudi menyebut perkelahian terjadi antara Khashoggi dan sejumlah orang yang ditemuinya di kantor konsulat itu. Dalam pernyataan tertulis, jaksa menyatakan Khashoggi tewas usai perkelahian tersebut. Juga disebutkan bahwa 18 warga Saudi telah ditangkap dan dua pejabat tinggi Saudi telah dipecat terkait kasus Khashoggi.



Saksikan juga video 'Arab Saudi Akui Khashoggi Tewas di Konsulat Saudi':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed