DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 13:10 WIB

Warga Muslim di Desa Turki Salah Kiblat Salat Selama 37 Tahun!

Niken Purnamasari - detikNews
Warga Muslim di Desa Turki Salah Kiblat Salat Selama 37 Tahun! Foto: dok. Hurriyet Daily News
Ankara - Warga muslim di desa Sugoren, bagian barat Turki baru-baru ini menemukan kalau salat mereka mengarah ke kiblat yang salah. Mengejutkannya lagi, mereka bukan hanya salah kiblat selama beberapa hari melainkan sudah 37 tahun!

Dilansir media Turki, Hurriyet Daily News, Sabtu (20/10/2018), desas-desus arah kiblat yang salah itu diperbincangkan oleh para jemaah di masjid Sugoren. Masjid tersebut dibangun pada 1981 lalu.

Seorang Imam masjid bernama Isa Kaya mencoba mengonfirmasi kabar salahnya arah kiblat ke kantor urusan keagamaan di Provinsi Yalova. Dia mengajukan permohonan untuk mengecek arah kiblat.



Tim dari kantor keagamaan Provinsi Yalova kemudian diturunkan untuk mengecek rumor tersebut. Mereka mendatangi masjid Sugoren dan melakukan pengukuran.

Hasilnya, masjid tersebut memang memiliki arah kiblat yang salah. Ada bagian dinding yang menunjukkan kiblat dibangun di tempat yang keliru ketika masjid dibangun.

Sebagai solusi, masjid tidak dibangun ulang. Para pejabat setempat meletakkan penanda berwarna putih di arah kiblat yang baru sebagai arah yang benar untuk salat dan berdoa.

"Kami menjelaskan situasi ini kepada warga dan jemaah masjid. Sebagian besar mereka bereaksi positif terhadap solusi dari kami," kata Kaya.
(nkn/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed