DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 10:31 WIB

Trump Yakin Khashoggi Tewas, Akan Ada Konsekuensi Berat Bagi Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Yakin Khashoggi Tewas, Akan Ada Konsekuensi Berat Bagi Saudi Donald Trump saat bicara soal Khashoggi kepada wartawan di Joint Base Andrew, Maryland (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan keyakinannya jika wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi telah tewas. Trump menjanjikan konsekuensi 'sangat berat' jika terbukti otoritas Saudi bertanggung jawab atas kasus Khashoggi.

Seperti dilansir AFP dan Anadolu Agency, Jumat (19/10/2018), Trump menyampaikan keyakinannya soal nasib Khashoggi ini di Joint Base Andrews, Maryland, saat akan terbang ke Montana untuk berkampanye pada Kamis (18/10) waktu setempat.

"Itu pastinya terlihat seperti itu bagi saya. Itu sangat menyedihkan," jawab Trump saat ditanya wartawan soal apakah dirinya meyakini Khashoggi sudah tidak lagi bernyawa. Khashoggi diketahui menghilang usai masuk Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.


Saat ditanya soal potensi respons keras AS terhadap Arab Saudi yang dituduh mendalangi kasus hilangnya Khashoggi, Trump menjawab: "Responsnya harus sangat berat. Itu hal buruk, sangat buruk."

Keyakinan Trump soal Khashoggi telah tewas kembali disampaikan dalam wawancara dengan New York Times (NYT) yang dirilis usai Trump bicara kepada wartawan saat akan terbang ke Montana.

"Kecuali ada keajaiban dari semua keajaiban terjadi, saya akan mengakui bahwa dia (Khashoggi-red) telah tewas," tegas Trump kepada NYT.

"Itu didasarkan pada semuanya -- informasi intelijen yang datang dari semua sisi," imbuhnya.


Dugaan semakin menguat bahwa Khashoggi (60) yang dikenal sebagai pengkritik kebijakan Saudi ini, dibunuh setelah masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul dua pekan lalu. Laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan bahwa Khashoggi diserang dan dibunuh secara keji sesaat setelah masuk ke Konsulat Saudi.

Otoritas Saudi dengan keras membantah setiap tuduhan yang diarahkan terhadap mereka.





Tonton juga 'Turki Diminta Libatkan PBB dalam Kasus Khashoggi':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed