DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 18:26 WIB

Menteri Turki: Hasil Penyelidikan Kasus Khashoggi Segera Dirilis

Novi Christiastuti - detikNews
Menteri Turki: Hasil Penyelidikan Kasus Khashoggi Segera Dirilis Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Ankara - Menteri Kehakiman Turki, Abdulhamit Gul, menyatakan bahwa kasus hilangnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi diselidiki secara menyeluruh. Abdulhamit Gul juga menyebut hasil penyelidikan akan dirilis dalam waktu dekat.

Dalam wawancara dengan Editors' Desk Anadolu Agency di Ankara, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (18/10/2018), Abdulhamit Gul menyebut jaksa-jaksa Turki sedang menyelidiki kasus ini 'secara mendalam, membuahkan hasil dan dalam setiap langkah'.

"Hasilnya diharapkan akan dirilis segera," sebut Abdulhamit Gul merujuk pada penyelidikan Khashoggi.


Dituturkan Abdulhamit Gul bahwa kantor jaksa Istanbul nantinya akan mengungkapkan kebenaran di balik hilangnya Khashoggi. "Apapun yang diperlukan hukum internasional akan dilakukan," imbuhnya.

Kekhawatiran bahwa Khashoggi (60) dibunuh semakin memuncak setelah dia menghilang usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu dan tidak pernah keluar.

Sumber-sumber Kepolisian Turki menyebut, pada hari yang sama, sebanyak 15 warga Saudi yang mencurigakan tiba di Istanbul dengan dua pesawat sewaan dan mendatangi Konsulat Saudi saat Khashoggi masih ada di dalam. Belasan warga Saudi itu telah meninggalkan Turki pada hari yang sama.


Pada Rabu (17/10) sore waktu setempat, unit penyelidikan kriminal dari Kepolisian Turki mendatangi rumah dinas Konsul Jenderal (Konjen) Saudi, Mohammed al-Otaibi, untuk melakukan penggeledahan. Al-Otaibi tidak ada di tempat saat penggeledahan berlangsung karena dia telah terbang ke Riyadh, Saudi pada 16 Oktober.

Dilaporkan Anadolu Agency bahwa tim gabungan Turki-Saudi telah menyelesaikan penyelidikan kasus ini pada Kamis (18/10) pagi waktu setempat, setelah melakukan penggeledahan di rumah dinas Konjen Saudi dan gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Penggeledahan terhadap gedung Konsulat Saudi di Istanbul dilakukan sebanyak dua kali pada pekan ini.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed