DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 18:06 WIB

Khashoggi Hilang, Turki Akan Perluas Pencarian ke Hutan Istanbul

Novi Christiastuti - detikNews
Khashoggi Hilang, Turki Akan Perluas Pencarian ke Hutan Istanbul Jamal Khashoggi (Dok. Facebook Jamal Khashoggi via NDTV)
Istanbul - Penyelidikan kasus hilangnya wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, masih terus berlanjut. Kepolisian Turki dilaporkan akan memperluas pencarian hingga ke sebuah hutan di Istanbul dan sebuah rumah peternakan di Provinsi Yalova.

Seperti dilansir media lokal Turki, Hurriyet Daily News, Kamis (18/10/2018), dengan mengutip sumber-sumber keamanan Turki, surat kabar lokal Yeni Safak menyebut bahwa polisi 'tidak akan membatasi penyelidikan pada gedung Konsulat Saudi dan kediaman Konsul (Jenderal Saudi) di Istanbul.'


Khashoggi (60) yang seorang jurnalis dan kolumnis The Washington Post ini menghilang misterius usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Kekhawatiran semakin memuncak bahwa Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi. Otoritas Saudi berulang kali membantah terlibat kasus ini.

Namun laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan bahwa Khashoggi diserang dan dibunuh secara keji sesaat usai masuk ke Konsulat Saudi, dua pekan lalu.

Terkait penyelidikan kasus ini, Kepolisian Turki telah menggeledah gedung Konsulat Saudi di Istanbul sebanyak dua kali pada pekan ini. Polisi Turki juga menggeledah rumah dinas Konsul Jenderal (Konjen) Saudi, Mohammed al-Otaibi, di Istanbul selama lebih dari 8 jam pada 17-18 Oktober. Saat penggeledahan berlangsung, Al-Otaibi diketahui tidak berada di tempat karena telah terbang ke Riyadh, Saudi pada 16 Oktober lalu.


Dilaporkan surat kabar Yeni Safak, para pakar forensik turki telah menemukan 'bukti pembunuhan' di dalam Konsulat Saudi.

"Tim kepolisian fokus pada lantai dasar kediaman Al-Otaibi," sebut surat kabar Yeni Safak dalam laporannya, sembari menekankan bahwa penyelidikan akan diperluas ke sejumlah lokasi lainnya.

"Tim (kepolisian) diperkirakan akan melakukan penggalian di Hutan Belgrad (Istanbul) dan sebuah rumah peternakan di Yalova, jika diperlukan," tulis Yeni Safak dalam laporannya. Tidak dijelaskan lebih lanjut apa yang dicari di hutan dan rumah peternakan itu.


Menurut laporan media lokal di Provinsi Yalova, salah satu mobil van yang diduga membawa beberapa warga Saudi yang menjadi anggota 'tim pembunuh' terekam kamera berada di distrik Termal, Yalova, pada hari Khashoggi menghilang. Distrik itu dikenal sebagai tujuan wisata bagi warga Arab.


(nvc/ita)
Baca Juga
Potret Penangkaran Penyu di Turki

Potret Penangkaran Penyu di Turki

Foto Penampakan Bandara Terbesar di Dunia

Foto Penampakan Bandara Terbesar di Dunia

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed