DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 11:41 WIB

Khashoggi Hilang, Polisi Turki Kembali Geledah Konsulat Saudi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Khashoggi Hilang, Polisi Turki Kembali Geledah Konsulat Saudi gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki (Foto: Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Istanbul - Tim kepolisian Turki kembali melakukan penggeledahan di gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Penggeledahan ini sebagai bagian dari penyelidikan atas hilangnya jurnalis kawakan Jamal Khashoggi.

Kepolisian Turki pada Rabu (17/10) waktu setempat juga melakukan penggeledahan di kediaman Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi di Istanbul, Mohammed al-Otaibi, sehari setelah dia meninggalkan Turki menuju Riyadh, Saudi.

Penggeledahan di kediaman Konjen tersebut dilakukan pada Rabu (17/10) sekitar pukul 16.40 waktu setempat. Penggeledahan dilakukan oleh tim yang terdiri dari belasan polisi dan jaksa, termasuk ahli-ahli forensik. Menurut jurnalis AFP di lokasi, para penyelidik memeriksa taman, juga atap bangunan. Sebuah drone juga digunakan dalam pemeriksaan kediaman Konjen Saudi itu.



Para penyelidik meninggalkan kediaman Konjen Saudi pada sekitar pukul 01.30 waktu setempat, namun beberapa orang dari mereka pergi menuju gedung Konsulat Saudi yang berada di dekatnya untuk kembali melakukan penggeledahan. Penggeledahan kedua kalinya di gedung Konsulat Saudi itu berlangsung hingga Kamis (18/10) pagi waktu setempat.

Otoritas Turki belum mengeluarkan pernyataan mengenai penggeledahan tersebut. Sebelumnya pada Senin (15/10) malam waktu setempat, kepolisian Turki untuk pertama kalinya menggeledah gedung Konsulat Saudi selama delapan jam. Dalam penggeledahan itu, tim membawa sejumlah sampel termasuk sampel tanah dan DNA.



Khashoggi, jurnalis pengkritik kebijakan pemerintah Saudi itu menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Khashoggi mendatangi Konsulat Saudi untuk mengurus surat-surat untuk keperluan rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Konsulat Saudi sebelumnya menyebut Khashoggi telah keluar dari gedung itu. Namun otoritas Turki dan tunangan Khashoggi menegaskan dia masih ada di dalam konsulat. Sumber-sumber pemerintahan Turki menyebut Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi. Namun pemerintah Saudi membantah terlibat dalam hilangnya kolumnis tetap media ternama The Washington Post itu.


Saksikan juga video 'Dugaan-dugaan Mengerikan Kasus Hilangnya Khashoggi':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed