DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 10:36 WIB

Kediamannya Akan Digeledah, Konjen Arab Saudi Tinggalkan Turki

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kediamannya Akan Digeledah, Konjen Arab Saudi Tinggalkan Turki Jamal Khashoggi (Foto: Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)
Istanbul - Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi di Istanbul, Turki telah meninggalkan kota itu untuk menuju ke Riyadh, Arab Saudi. Ini dilakukan seiring otoritas Turki akan melakukan penggeledahan di kediamannya guna menyelidiki hilangnya wartawan kawakan Saudi, Jamal Khashoggi.

Konjen Mohammed al-Otaibi bertolak menuju Riyadh dengan menggunakan penerbangan Saudi pada Selasa (16/10) waktu setempat. Demikian dilaporkan surat kabar Haber-Turk seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (17/10/2018). Kantor berita Turki, Anadolu Agency juga melaporkan bahwa Konjen Saudi tersebut telah meninggalkan Turki.

Situs Bandara Internasional Ataturk menunjukkan sebuah penerbangan Saudi lepas landas menuju Riyadh pada pukul 14.00 GMT. Media-media Turki juga melaporkan bahwa al-Otaibi menggunakan penerbangan tersebut.



"Kami tidak mengirimnya keluar. Dia meninggalkan Turki atas kemauannya sendiri," ujar sumber Kementerian Luar Negeri Turki seperti dikutip media CNN-Turki.

Menurut laporan Haber-Turk, Konjen Saudi tersebut menggunakan pintu VIP di Bandara Internasional Ataturk.

Sebelumnya, tim kepolisian dan jaksa Turki telah melakukan penggeledahan di gedung Konsulat Saudi di Istanbul pada Senin (15/10) waktu setempat terkait hilangnya Khashoggi. Penggeledahan pada malam hari itu berlangsung selama 8 jam.



Khashoggi (60) yang seorang wartawan dan kolumnis The Washington Post menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Khashoggi mendatangi Konsulat Saudi untuk mengurus surat-surat untuk keperluan rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Konsulat Saudi sebelumnya menyebut Khashoggi telah keluar dari gedung itu. Namun otoritas Turki dan tunangan Khashoggi menegaskan dia masih ada di dalam konsulat. Sumber-sumber pemerintahan Turki menyebut Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi. Namun hal itu dibantah keras oleh pemerintah Saudi.



Saksikan juga video 'Turki akan Geledah Rumah dan Mobil Staf Konsulat Saudi':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed