DetikNews
Sabtu 13 Oktober 2018, 16:09 WIB

7 Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Perbatasan Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
7 Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Perbatasan Gaza Demonstran Palestina berunjuk rasa di perbatasan Gaza pada Jumat (12/10) kemarin (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Gaza City - Bentrokan kembali pecah di perbatasan Gaza dan Israel. Sedikitnya tujuh warga Palestina tewas terkena tembakan tentara Israel dalam bentrokan itu.

Dalam pernyataan tertulis, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Sabtu (13/10/2018), Kementerian Kesehatan Gaza menyebut tujuh warga Palestina itu tewas terkena peluru tentara Israel. Penembakan terjadi dalam unjuk rasa yang digelar warga Palestina setiap pekan.

Sebagian besar warga Palestina yang tewas berusia 20-an tahun. Namun terdapat seorang remaja berusia 17 tahun di antara korban tewas.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qidra, menyebut identitas para korban tewas. Mereka terdiri atas Mohammad Isam Abbas (21), Ahmed Ibrahim al-Tawil (27), Mohamed Abdel Hafiz Ismael (29), Ahmed Ahmed Abu Naim (17), Abdullah Berham ad-Da'ame (25), Tamir Eyyad Abu Arman (22) dan Afifi Mohammad Ata Afifi (18).


Secara terpisah, seperti dilansir AFP, militer Israel mengakui ada lima demonstran Palestina yang ditembak mati setelah menyusup pagar perbatasan dan menyerang pos militer.

Juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus, dalam pernyataan via Twitter menyebut sebuah 'serangan terencana' melibatkan 20 warga Palestina yang menyeberangi perbatasan, setelah sebuah peledak menghancurkan sebagian pagar perbatasan. Menurut Conricus, ada lima orang yang berusaha menyerang pangkalan militer Israel dan mereka ditembak.

Ditambahkan militer Israel, tercatat ada 14 ribu 'perusuh dan demonstran' yang ikut serta dalam unjuk rasa pada Jumat (12/10) waktu setempat.

Unjuk rasa warga Palestina di sepanjang perbatasan Gaza-Israel itu digelar setiap pekan, sejak 30 Maret lalu. Aksi ini bertujuan untuk menuntut dikembalikannya hak-hak warga Palestina yang diusir dari rumah-rumah mereka oleh pendudukan Israel sejak tahun 1948 lalu. Para demonstran juga menuntut diakhirnya blokade Gaza yang sudah berlangsung selama 12 tahun terakhir.


Menurut data Kementerian Kesehatan Gaza, sedikitnya 204 warga Palestina tewas dalam bentrokan yang pecah dalam setiap unjuk rasa yang digelar di perbatasan Gaza-Israel sejak Maret lalu.


Tonton juga video 'Warga Palestina Ditembak Mati Tentara Zionis, 46 Terluka'

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed