DetikNews
Senin 01 Oktober 2018, 12:16 WIB

China Kirim Bantuan Tunai ke Palang Merah Indonesia Usai Gempa Palu

Rita Uli Hutapea - detikNews
China Kirim Bantuan Tunai ke Palang Merah Indonesia Usai Gempa Palu Foto: Pradita Utama
Beijing - Pemerintah China menyatakan belasungkawa atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Pemerintah China melalui Palang Merah China juga telah menyampaikan bantuan sebesar US$ 200 ribu ke Palang Merah Indonesia.

"Pada 28 September 2018, gempa bumi yang kuat dan kemudian tsunami melanda Provinsi Sulawesi Tengah di Indonesia, mengakibatkan korban yang besar dan kehancuran. Untuk memfasilitasi upaya-upaya penanggulangan, Palang Merah China telah memutuskan untuk menyumbangkan bantuan kemanusiaan senilai US$ 200.000 dalam bentuk bantuan tunai kepada Palang Merah Indonesia (PMI)," demikian disampaikan Kedutaan Besar China untuk Indonesia dalam situsnya seperti dilansir Xinhua, Senin (1/10/2018).




Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atas bencana alam di Sulawesi Tengah tersebut.

"Saya terkejut mendengar gempa bumi kuat dan tsunami besar yang menerjang Provinsi Sulawesi Tengah, dan sedih atas banyaknya nyawa yang hilang dan kerusakan yang terjadi," ujar Presiden Xi seperti diberitakan media China Daily.



Gempa bumi berkekuatan 7,4 Magnitudo yang mengguncang Donggala pada Jumat (28/9) sore, diketahui berpusat di titik 80 kilometer sebelah utara Palu. Sesaat setelah itu -- sekitar 30 menit kemudian -- gelombang air laut hingga setinggi 5 meter menerjang Palu, menghancurkan gedung, menyapu kendaraan dan menewaskan ratusan orang.

Hingga kini, menurut data resmi pemerintah, jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami tersebut telah mencapai lebih dari 800 orang. Jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan terus bertambah.



Saksikan juga video 'BASARNAS Berjibaku Evakuasi Korban Gempa Palu':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed