Hendak Ngecas Ponsel di Kokpit, Pria India Diusir Keluar Pesawat

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 26 Sep 2018 16:39 WIB
Ilustrasi (AFP/Noah Seelam)
New Delhi - Seorang penumpang yang mabuk di dalam pesawat maskapai IndiGo India berupaya memasuki kokpit untuk mengecas telepon genggamnya. Akibatnya, penumpang itu terpaksa diusir keluar pesawat.

Seperti dilaporkan Business Standard dan dilansir Channel News Asia, Rabu (26/9/2018), seorang 'penumpang yang mengacau' itu berusaha memasuki kokpit saat pesawat bersiap untuk lepas landas. Insiden ini terjadi pada Senin (24/9) waktu setempat.

Pesawat yang mengalami insiden itu memiliki nomor penerbangan 6E-395 yang hendak terbang dari Mumbai menuju Kolkata. Dituturkan seorang juru bicara maskapai IndiGo India, penumpang pria itu 'diturunkan dari pesawat' atas alasan 'pelanggaran keamanan'.

Tidak disebut lebih lanjut identitas penumpang yang diusir keluar pesawat itu. Laporan media lokal hanya menyebut penumpang itu berusia 35 tahun.


Dilaporkan juga oleh media-media lokal India, penumpang pria itu dilepaskan begitu saja usai diinterogasi di kantor polisi setempat.

"Dia mabuk dan ingin mengisi daya telepon genggamnya. Jadi dia bergerak ke depan, ke kokpit. Polisi tidak menemukan adanya tindak pelanggaran hukum yang bisa dijeratkan terhadapnya," ucap seorang pejabat kepolisian setempat.

Insiden yang menimpa pesawat IndiGo India ini merupakan insiden kesekian kali yang dialami maskapai-maskapai India sepanjang tahun ini.

Pada Januari lalu, dua pilot maskapai Jet Airways dinonaktifkan setelah kedapatan berkelahi hingga keluar kokpit di tengah penerbangan domestik dari London ke Mumbai.


Lalu pada 20 September, lebih dari 30 penumpang maskapai Jet Airways mengalami pendarahan di hidung dan telinga setelah awak kokpit 'lupa' menyalakan pengatur tekanan udara dalam kabin.

Dua hari setelahnya atau pada 22 September, seorang penumpang pesawat GoAir rute New Delhi-Patna memicu kepanikan di tengah penerbangan karena mencoba membuka pintu pesawat yang dikiranya sebagai toilet. Penumpang itu diketahui baru pertama kali naik pesawat.

(nvc/ita)