DetikNews
Rabu 26 September 2018, 11:29 WIB

Istri Najib Razak Kembali Ditanyai Penyidik Antikorupsi Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Istri Najib Razak Kembali Ditanyai Penyidik Antikorupsi Malaysia Rosmah Mansor saat mendatangi kantor MACC pada Rabu (26/9) ini (REUTERS/Lai Seng Sin)
Kuala Lumpur - Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) pagi ini. Rosmah akan kembali dimintai keterangan terkait penyelidikan terhadap SRC International, bekas unit perusahaan 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Seperti dilansir The Star, Rabu (26/9/2018), Rosmah (66) tiba di kantor MACC yang ada di Putrajaya pada Rabu (26/9) pagi, sekitar pukul 09.50 waktu setempat. Dia didampingi oleh tim pengacaranya. Rosmah terlihat serius saat memasuki kantor MACC dan tidak memberikan pernyataan apapun kepada wartawan.

Ini merupakan kedua kalinya Rosmah ditanyai oleh MACC. Sebelumnya pada 5 Juni lalu, Rosmah telah ditanyai oleh penyidik MACC juga terkait penyelidikan SRC International. Saat itu Rosmah ditanyai selama 3 jam sebelum diperbolehkan pulang.

Muncul spekulasi bahwa dalam pemanggilan kedua ini, Rosmah akan segera dijerat dakwaan. Media-media lokal Malaysia melaporkan bahwa Rosmah akan dijerat lebih dari 20 dakwaan yang sebagian besar mungkin terkait pidana pencucian uang.


Dalam pernyataan pada Senin (24/9) lalu, Ketua Komisioner MACC, Shukri Abdull, menyatakan penyelidikan terhadap Rosmah telah selesai dan laporannya telah diserahkan ke Jaksa Agung Malaysia. Shukri menyebut, selanjutnya tergantung pada Jaksa Agung untuk mengadili Rosmah.

Najib, suami Rosmah, telah dijerat total 32 dakwaan sejauh ini, mulai dari dakwaan pencucian uang, penyalahgunaan kekuasaan dan pelanggaran kepercayaan. Najib telah membantah seluruh dakwaan tersebut.

Pekan lalu, seorang pejabat MACC yang enggan disebut namanya menyatakan bahwa lebih banyak dakwaan terkait skandal 1MDB akan dijeratkan kepada beberapa orang. Saat ditanya apakah Rosmah akan ikut didakwa, pejabat MACC itu menjawab: "Saya tidak menyangkal itu."

Selama ini Rosmah kerap terlihat muncul di depan publik sambil menenteng tas-tas mewah bermerek, terutama merek Hermes Birkin yang harganya fantastis. Rosmah juga kerap memamerkan berbagai perhiasan mewah dan menghabiskan ribuan dolar Amerika saat berbelanja di luar negeri. Kegemaran Rosmah pada barang-barang bermerek membuat publik bertanya-tanya soal bagaimana dia mampu membelinya.

[Gambas:Video 20detik]

Baik Rosmah maupun Najib telah dicegah ke luar negeri oleh otoritas Malaysia. Kediaman dan sejumlah properti keluarga Najib juga telah digeledah pihak berwenang. Dari penggeledahan itu, otoritas Malaysia mendapat barang sitaan yang total nilainya ditaksir mencapai US$ 275 juta atau setara Rp 4 triliun. Barang-barang itu terdiri atas 567 tas tangan bermerek, 423 jam tangan mewah hingga 12 ribu perhiasan mahal.




Tonton juga 'Najib Razak Ditangkap Untuk Kedua Kalinya':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed