DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 09:55 WIB

Uskup India Ditangkap Atas Tuduhan Pemerkosaan Biarawati

Rita Uli Hutapea - detikNews
Uskup India Ditangkap Atas Tuduhan Pemerkosaan Biarawati Foto: BBC World
New Delhi - Seorang uskup India akhirnya ditangkap atas tuduhan memperkosa seorang biarawati. Kasus ini telah memicu aksi-aksi demo untuk memprotes kepolisian yang dianggap lamban bertindak.

Uskup Franco Mulakkal ditangkap pada Jumat (21/9) malam waktu setempat, sehari setelah Paus Fransiskus menonaktifkannya atas dugaan skandal seks ini. Demikian disampaikan pejabat kepolisian lokal, Vijay Sakhare seperti dikutip media PTI dan dilansir AFP, Sabtu (22/9/2018).

Biarawati yang tak disebut namanya, pertama kali melaporkan Mulakkal pada akhir Juni lalu atas tuduhan memperkosanya 13 kali antara tahun 2014 dan 2016. Namun kepolisian di negara bagian Kerala, India selatan, baru menginterogasi uskup tersebut pada September lalu.




Lambannya tindakan polisi tersebut menimbulkan kemarahan para biarawati dan puluhan pendukung. Untuk memprotes kepolisian, mereka menggelar aksi-aksi demo selama berhari-hari.

Pada Kamis (20/9) lalu, Paus Fransiskus menonaktifkan Mulakkal dan menunjuk uskup lain sebagai penggantinya.

Mulakkal telah membantah tuduhan pemerkosaan tersebut. Dia telah menulis surat kepada Paus Fransiskus dan meminta agar dirinya dinonaktifkan sementara selama penyelidikan berlangsung.

Mulakkal menyebut skandal ini merupakan konspirasi terhadap Gereja Katolik. Dia pun mendapatkan dukungan dari para jemaatnya di gereja Missionaries of Jesus Church.




Sebelumnya pada Juli lalu, dua pastor ditangkap di Kerala karena diduga memperkosa dan memeras seorang wanita selama 20 tahun lebih.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekerasan seksual oleh para pastor dan kegagalan pejabat-pejabat senior Gereja untuk bertindak, telah menjadi salah satu skandal terbesar yang dihadapi Gereja Katolik di sejumlah negara.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed