DetikNews
Jumat 21 September 2018, 18:17 WIB

Inggris Kerahkan Jet Tempur Cegat 2 Pesawat Pengebom Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Inggris Kerahkan Jet Tempur Cegat 2 Pesawat Pengebom Rusia Ilustrasi -- Jet tempur Inggris jenis Typhoon (Saul Loeb/AFP/Getty Images)
London - Dua pesawat pengebom Rusia terdeteksi melanggar wilayah udara Inggris. Sejumlah jet tempur militer Inggris pun dikerahkan untuk mencegat dua pesawat pengebom itu.

Seperti dilansir CNN, Jumat (21/9/2018), dua pesawat pengebom Rusia jenis Blackjack itu kedapatan mengudara di atas perairan Laut Utara dan tidak berkomunikasi dengan pihak menara lalu lintas udara (ATC) setempat.

Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) menyebut gerak-gerik pesawat pengebom Rusia itu dinilai menjadi ancaman bagi pesawat-pesawat lainnya


Sebagai tindak lanjut, sejumlah jet tempur Inggris jenis Typhoon dikerahkan dari pangkalan udara RAF Lossiemouth di Skotlandia.

Jet-jet tempur Inggris itu mengawal dua pesawat pengebom Rusia ke wilayah utara, menjauhi wilayah Inggris.

"Pesawat pengebom Rusia menjelajah wilayah udara Inggris menjadi pengingat betapa sangat seriusnya tantangan militer yang diberikan Rusia kepada kita saat ini," sebut Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson.

"Kita tidak akan ragu-ragu untuk terus mempertahankan wilayah udara kita dari aksi-aksi agresi," tegasnya.


Hubungan antara Inggris dengan Rusia semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir. Terutama terkait kasus diracunnya eks mata-mata Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya, Yulia, di wilayah Salisbury, Inggris pada Maret lalu.

Beberapa waktu lalu, otoritas Inggris menyatakan pihaknya memiliki bukti cukup untuk mendakwa dua warga Rusia, yang disebut sebagai intelijen militer Rusia, yang diyakini bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan terhadap Skripal dan putrinya.

Rusia berulang kali membantah keterlibatan dalam kasus itu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed