DetikNews
Kamis 20 September 2018, 19:01 WIB

4 Anak di Belanda Tewas Ditabrak Kereta Saat Berangkat Sekolah

Novi Christiastuti - detikNews
4 Anak di Belanda Tewas Ditabrak Kereta Saat Berangkat Sekolah Ilustrasi (Thinkstock)
Amsterdam - Sungguh tragis! Empat anak kecil di Belanda tewas usai sepeda kargo listrik yang mereka tumpangi ditabrak kereta di perlintasan rel setempat. Satu anak lainnya dan seorang perempuan dewasa kini kritis akibat insiden yang sama.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/9/2018), insiden mengenaskan ini terjadi di wilayah Oss, sebuah kota dekat perbatasan Belanda-Jerman dan berjarak sekitar 110 kilometer sebelah tenggara Amsterdam.

Sepeda kargo merupakan sebuah sepeda yang dilengkapi dengan sebuah kotak kargo besar di bagian depan, yang bisa digunakan untuk membawa anak-anak atau mengangkut barang. Sepeda kargo semacam ini tergolong banyak digunakan di Belanda yang warganya menggemari bersepeda.


Dikonfirmasikan oleh kepolisian setempat bahwa sepeda kargo listrik itu sedang membawa anak-anak dari pusat penitipan anak setempat ke sebuah sekolah terdekat. Tabrakan terjadi saat sepeda kargo itu melewati perlintasan kereta api yang agak menanjak pada Kamis (20/9) waktu setempat.

"Empat anak tewas dalam kecelakaan itu. Dinas darurat masih ada di lokasi kejadian," sebut Kepolisian Provinsi Brabant dalam keterangan via Twitter.

"Insiden ini melibatkan sebuah sepeda kargo listrik dari sebuah penitipan anak, yang sedang menuju ke sebuah sekolah di Oss," imbuh keterangan itu. "Keluarga yang bersangkutan telah diberitahu oleh kami soal kabar buruk ini," ujar pihak kepolisian setempat.

Secara terpisah, kantor berita ANP melaporkan bahwa anak-anak yang menjadi korban berusia antara 4-11 tahun. Belum ada konfirmasi resmi dari otoritas setempat terkait identitas juga usia anak-anak dan wanita yang menjadi korban.


Dengan mengutip orang-orang yang mengenali wanita yang mengemudi sepeda kargo itu, ANP menyebut wanita itu telah mengantarkan beberapa anak ke salah satu sekolah dan sedang dalam perjalanan mengantarkan anak-anak yang lain ke sekolah lainnya. Kepolisian setempat menyatakan pihaknya tengah menanyai sejumlah saksi, termasuk anak-anak, untuk mencari tahu 'bagaimana insiden ini bisa terjadi'.

Dituturkan pihak pengelola jalur kereta api nasional, NS, bahwa kereta yang menabrak anak-anak itu sedang melaju dari Nijmegen menuju ke wilayah Den Bosch saat kecelakaan terjadi. "Ini sungguh insiden yang mengerikan," sebut juru bicara NS.

Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte, menyampaikan belasungkawa melalui Twitter. PM Rutte saat ini tengah menghadiri pertemuan Uni Eropa di Salzburg, Austria. Sedangkan Ratu Belanda Maxima dan Raja Willem-Alexander menyatakan 'tidak bisa berkata-kata' atas insiden itu. "Pikiran kami tertuju pada seluruh keluarga yang kehilangan anak-anak mereka karena insiden mengerikan di Oss," ucap Ratu Maxima dalam pernyataannya.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed