DetikNews
Selasa 18 September 2018, 16:44 WIB

Pesawatnya Ditembak Jatuh Rezim Suriah, Rusia Salahkan Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Pesawatnya Ditembak Jatuh Rezim Suriah, Rusia Salahkan Israel Ilustrasi (Dok. Anadolu Agency)
Moskow - Otoritas Rusia menyalahkan Israel atas ditembak jatuhnya pesawat militer mereka di wilayah Suriah. Rusia menyebut Israel secara tidak langsung bertanggung jawab atas insiden itu dengan memicu provokasi.

Tidak hanya itu, otoritas Rusia bahkan mengancam akan membalas Israel atas insiden ini. Seperti dilansir Reuters, Selasa (18/9/2018), pesawat militer Rusia jenis IL-20 ditembak jauh saat mengudara di atas kawasan pantai Mediterania.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan yang dilaporkan media-media setempat, mengakui bahwa pesawat pengintai militer itu ditembak jatuh oleh senjata antipesawat yang dimiliki Suriah, sekutu Rusia, dalam insiden yang tak disengaja.

Namun Kementerian Pertahanan Rusia menuding Israel yang bertanggung jawab. Alasannya, jet-jet tempur Israel sedang melancarkan serangan udara terhadap target-target Suriah dan hanya memberi peringatan 1 menit sebelumnya ke Rusia sehingga pesawat militer Rusia itu tidak bisa bergerak ke lokasi aman.


Kementerian Pertahanan Rusia menyebut 15 orang, yang semuanya personel militer Rusia, tewas dalam insiden itu. Pesawat militer itu ditembak jatuh saat hendak mendarat di Pangkalan Udara Hmeymim di Suriah bagian barat.

"Dampak dari tindakan tidak bertanggung jawab dari militer Israel, 15 personel militer Rusia tewas. Ini jelas tidak sejalan dengan semangat kemitraan Rusia-Israel," demikian pernyataan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, seperti dikutip kantor berita Interfax.

"Kami memiliki hak untuk mengambil langkah-langkah sepadan sebagai responsnya," tegas Konashenkov.

Konashenkov juga menyebut aksi militer Israel itu sebagai aksi keji dan aksi provokasi.


Sebelumnya, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pesawat militer Rusia itu tidak sengaja ditembak jatuh oleh artileri antipesawat yang dioperasikan pasukan pemerintah Suriah. Saat insiden terjadi, wilayah Latakia sedang diserang rudal Israel dan pasukan rezim Suriah membalas serangan itu dengan sistem antipesawat mereka.

Belum ada pernyataan resmi dari Israel terkait insiden ini.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed