DetikNews
Selasa 18 September 2018, 10:12 WIB

Duh! Rezim Suriah Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Militer Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Duh! Rezim Suriah Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Militer Rusia Ilustrasi -- Pesawat militer Rusia jenis IL-20 (Jane's Military Database/File via CNN)
Moskow - Sebuah pesawat patroli maritim Rusia dilaporkan jatuh saat menjalankan misi di Suriah. Pesawat yang membawa 14 personel militer itu secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh pasukan rezim Suriah yang merupakan sekutu Rusia.

Seperti dilansir CNN, Selasa (18/9/2018), informasi soal insiden ditembak jatuhnya pesawat Rusia ini diungkapkan oleh seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang memahami insiden ini. Menurut pejabat AS yang tidak bisa disebut namanya itu, pesawat militer Rusia itu terkena tembakan artileri antipesawat milik rezim Suriah pada Senin (17/9) waktu setempat. Tembakan artileri itu dilepaskan rezim Suriah usai diserang oleh rudal-rudal Israel.

Disebutkan pejabat AS itu, rezim Suriah sebenarnya berusaha menghentikan serangan rudal Israel. Satu pejabat AS lainnya mengonfirmasi bahwa Israel bertanggung jawab atas serangan rudal ke rezim Suriah.


Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan bahwa sebuah pesawat militer Rusia tipe IL-20 yang membawa 14 personel menghilang saat mengudara di atas Laut Mediterania pada Senin (17/9) waktu setempat. Nasib 14 orang itu belum diketahui pasti.

"IL-20 menghilang dari radar saat serangan empat pesawat F-16 milik Israel terhadap target-target Suriah di Provinsi Latakia," sebut Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip TASS.

Pihak AS mengetahui insiden ini setelah rezim Suriah menyiarkan panggilan radio untuk misi pencarian dan penyelamatan darurat di frekuensi internasional. Pihak AS juga mendapat informasi langsung dari sebuah negara soal jenis pesawat dan kronologi kejadian. Sumber pejabat AS ini tidak menyebut negara yang memberi informasi, namun kemungkinan besar Rusia sebagai negara satu-satunya yang tahu persis jenis pesawat yang ditembak jatuh.


Pejabat AS itu menyebut, militer Israel menembakkan sejumlah rudal terhadap target-target di Latakia, area yang banyak menjadi posisi Rusia di Suriah. Menurut pejabat AS itu, rezim Suriah melancarkan serangan antipesawat secara ekstensif untuk membalas Israel, namun tembakan itu malah mengenai pesawat militer Rusia.

Ditambahkan pejabat AS ini, pesawat militer Rusia itu ditembak jatuh oleh sistem antipesawat yang beberapa tahun lalu dijual oleh Rusia kepada Suriah. Jaringan pertahanan udara Suriah di wilayah barat negara itu diketahui banyak dilengkapi dengan sistem radar dan rudal antipesawat.



Saksikan juga video 'Tempat Berlindung Korban Konflik Suriah di Lebanon':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed