DetikNews
Selasa 18 September 2018, 02:20 WIB

Arkeolog Mesir Temukan Sphinx Kecil Era 300 SM di Kuil Kom Ombo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Arkeolog Mesir Temukan Sphinx Kecil Era 300 SM di Kuil Kom Ombo Sphinx itu diperkirakan berasal dari era Ptolemaik. Foto: The Ministry of Antiquities of Egypt/Handout via REUTERS
Aswan - Para arkeolog Mesir menemukan sebuah patung Sphinx yang diduga berasal dari era Ptolemaik. Patung khas kebudayaan Mesir kuno itu ditemukan saat para arkeolog tengah mengeringkan kuil.

Dikutip dari Reuters, Selasa (18/9/2018), Sphinx tersebut ditemukan pada kuil yang terletak di Kota Aswan bagian selatan. Patung itu terbuat dari batu pasir dan masih terlihat relatif utuh.



Kementerian Barang Antik Mesir memperkirakan patung itu berasal dari era Ptolemaik. Era Ptolemaik di Mesir eksis sekitar 3 abad sebelum masehi. Era Ptolemaik berakhir hingga pendudukan bangsa Roma di Mesir sekitar pada 30 SM.



Patung makhluk mistis Mesir yang baru ditemukan ini berukuran relatif kecil dengan lebar 28 cm dan tinggi 38 cm. Dilansir BBC, kuil tempat Sphinx itu ditemukan bernama Kom Ombo.

Sphinx yang baru ditemukan di Kom Ombo. Sphinx yang baru ditemukan di Kom Ombo. Foto: The Ministry of Antiquities of Egypt/Handout via REUTERS


Kuil Kom Ombo dibangun pada masa pemerintahan Ptolemy VI. Kuil itu dipersembahkan bagi dewa Mesir kuno, Sobek dan Haroeris.

Ukuran sphinx yang baru ditemukan ini jauh lebih kecil dibanding patung berbentuk serupa di kompleks Piramida Giza. Sphinx di Giza adalah yang paling terkenal karena ukurannya yang besar yakni tinggi 20 meter dan panjang 57 meter. Sphinx tersebut diperkirakan dibangun pada masa kekuasaan Khafra, raja dari dinasti keempat yang memerintah pada 2558 SM sampai 2532 SM.



Saksikan juga video 'Wow! Ini Penampakan Mumi Imigran China dari Abad ke-19':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed