detikNews
Senin 17 September 2018, 13:38 WIB

Pria Israel Tewas Ditikam Warga Palestina di Tepi Barat

Novi Christiastuti - detikNews
Pria Israel Tewas Ditikam Warga Palestina di Tepi Barat Ilustrasi (AFP Photo/Joshua Lott)
Tepi Barat - Seorang warga Palestina menikam seorang pria Israel-Amerika hingga tewas di Tepi Barat. Warga Palestina itu akhirnya ditembak hingga luka-luka saat melarikan diri.

Seperti dilansir AFP, Senin (17/9/2018), pria Israel-Amerika yang tewas itu diidentifikasi bernama Ari Fuld (45), yang dikenal sebagai seorang aktivis sayap kanan yang sering muncul di televisi setempat. Fuld ditikam di dekat pintu masuk sebuah mal setempat.

Juru bicara Kepolisian Israel menyatakan tidak ada indikasi bahwa Fuld sengaja menjadi target dalam serangan itu. Fuld yang seorang ayah dari empat anak ini, diketahui tinggal di permukiman Yahudi di Efrat, dekat lokasi serangan.

Sumber keamanan Palestina mengidentifikasi pelaku serangan sebagai Khalil Jabareen yang berusia 17 tahun. Jabareen disebut berasal dari desa Yatta di Tepi Barat bagian selatan.


Juru bicara Kepolisian Israel, Micky Rosenfeld, menyebut Jabareen mengalami luka sedang.

Dalam pernyataan terpisah, militer Israel menyebut insiden ini terjadi di perempatan Gush Etzion, antara Yerusalem dan Bethlehem. Lokasi terbaru cukup kerap menjadi lokasi serangan dan konflik karena terletak di dekat permukiman Yahudi.

Rekaman kamera CCTV yang ditayangkan media-media lokal dan media sosial menunjukkan pelaku mendekati seorang pria paruh baya di dekat pintu masuk mal dan menikamnya beberapa kali. Pelaku kemudian terlihat melarikan diri dan dikejar oleh sejumlah warga sipil sebelum akhirnya ditembak.

"Amerika berduka karena salah satu warganya dibunuh secara brutal oleh seorang teroris Palestina," ucap Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel, David Friedman, dalam pernyataannya via Twitter.


"Ari Fuld merupakan seorang pembela Israel dan patriot Amerika yang bersemangat," imbuhnya.

Dalam pernyataan terpisah, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan dukacita mendalam. "Dalam nama setiap warga Israel, saya menyampaikan belasungkawa saya bagi keluarga Ari Fuld, yang dibunuh hadir ini dalam sebuah serangan teroris. Dia seorang pendukung Israel yang berjuang menyampaikan kebenaran soal Israel," ucap Netanyahu.




Tonton juga 'Warga Palestina Bentrok dengan Pasukan Israel di Tepi Barat':



(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com