Korut Gelar Parade Tanpa Rudal, Trump Beri Salut ke Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Sep 2018 13:59 WIB
Donald Trump saat bertemu Kim Jong-Un di Singapura pada Juni lalu (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan pujian untuk pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang merayakan hari jadi Korut ke-70 tahun dengan menggelar parade militer 'tanpa memamerkan rudal nuklir'.

"(Parade militer) Ini besar dan merupakan statemen sangat positif dari Korea Utara. Terima kasih untuk Ketua Kim (Kim Jong-Un-red). Kita berdua akan membuktikan semua orang salah!" sebut Trump via akun Twitter resminya, seperti dilansir AFP, Senin (10/9/2018).

"Tidak ada yang lebih baik dari dialog yang baik antara dua orang yang saling menyukai! Jauh lebih baik dari sebelum saya menjabat," imbuh Trump.


Kicauan dari Trump itu melansirkan kutipan para pakar yang menyebut bahwa tidak adanya rudal balistik dalam parade militer untuk menunjukkan kepada Trump soal komitmen Korut dalam denuklirisasi.

"Temanya adalah perdamaian dan pembangunan ekonomi," sebut Trump.

Pekan lalu, Trump menuturkan dirinya menantikan surat dari Kim Jong-Un. Sedangkan beberapa waktu terakhir, Trump terlihat optimistis soal hubungan AS dan Korut. Pertemuan bersejarah keduanya di Singapura pada Juni lalu mengakhiri ketegangan yang berlangsung berbulan-bulan terkait uji coba rudal dan nuklir Korut.


Dalam pertemuan itu, Kim Jong-Un bersumpah akan mengupayakan denuklirisasi Semenanjung Korea. Sumpah itu menindaklanjuti permintaan AS bagi terwujudnya 'denuklirisasi Korut yang final dan terverifikasi penuh'.

Namun momentum itu semakin melambat setelah pertemuan Trump dan Kim Jong-Un digelar. Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tiba-tiba membatalkan rencana kunjungan ke Korut, dengan alasan kurangnya kemajuan dalam denuklirisasi Korut.

(nvc/idh)