DetikNews
Selasa 04 September 2018, 15:42 WIB

Bunuh Mantan Istri, Pria AS Dihukum Gantung di Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Bunuh Mantan Istri, Pria AS Dihukum Gantung di Malaysia Foto: Internet
Kuala Lumpur - Seorang warga Amerika Serikat (AS) dijatuhi hukuman mati di Malaysia. Pria berusia 63 tahun ini dinyatakan bersalah telah membunuh mantan istrinya.

Seperti dilansir The Star, Selasa (4/9/2018), pria AS bernama Mickelson Gerald Wayne (63) ini didakwa membunuh mantan istrinya, Guilda (62), pada 26 November 2016. Pembunuhan terjadi saat keduanya bertengkar di dalam sebuah kamar hotel di Malaysia.


Mickelson terlihat tetap tenang saat hakim Azman Abdullah menjatuhkan vonis mati dalam persidangan yang digelar di Kuala Lumpur, Selasa (4/9) ini.

"Setelah menganalisis argumen penasihat hukum dengan hati-hati, saya mendapati keseluruhan argumen pembelaan tidak memicu keraguan yang beralasan terhadap argumen jaksa penuntut," sebut hakim Azman dalam putusannya. Hakim menolak argumen penasihat hukum Mickelson.

Hakim Azman mengatakan, berdasarkan argumen pembelaan terdakwa, korban telah mengalahkan terdakwa dan terdakwa berupaya membela diri saat diserang oleh korban. Namun, lanjut hakim Azman, terdakwa gagal membuktikan bahwa tindakannya yang berujung kematian korban, hanyalah aksi membela diri.



Sebuah testimoni dari saksi ahli juga mengonfirmasi bahwa korban tewas akibat pencekikan secara manual, yang menyebabkan luka fatal di bagian struktur leher korban.

"Saya, dengan ini, menyatakan Anda (terdakwa-red) bersalah dan memvonis Anda sesuai pasal 302 Undang-undang Pidana," tegas hakim Azman dalam putusannya. "Saya, dengan ini, menjatuhkan hukuman mati dengan digantung terhadap Anda," imbuhnya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed