detikNews
Selasa 04 September 2018, 12:55 WIB

Israel Tembak Mati Pria Palestina Pembawa Pisau di Tepi Barat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Israel Tembak Mati Pria Palestina Pembawa Pisau di Tepi Barat Foto: Zaki Alfarabi/detikcom
Tepi Barat - Seorang warga Palestina yang membawa sebilah pisau, mendekati sebuah pos pemeriksaan militer Israel di Tepi Barat. Oleh para tentara Israel, pria Palestina itu ditembak mati.

Militer Israel menyatakan, insiden tersebut terjadi di dekat Kiryat Arba, permukiman Israel garis keras di dekat kota Hebron, Tepi Barat bagian selatan. Tak ada warga Israel yang terluka dalam insiden pada Senin (3/9) waktu setempat itu.



Kepolisian Palestina seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (4/9/2018) mengidentifikasi pria yang tewas ditembak Israel itu sebagai Wael al-Jabari (27).

Rangkaian aksi penikaman warga Palestina terhadap warga Israel terjadi pada tahun 2015 lalu. Belakangan, insiden-insiden seperti itu menjadi lebih sporadis.



Sebelumnya pada 26 Juli lalu, seorang warga Palestina menewaskan seorang warga Israel dan melukai dua orang lainnya dalam aksi penikaman di permukiman Israel, Adam di Tepi Barat. Warga Palestina itu sendiri tewas ditembak dalam insiden tersebut.

Secara terpisah, beberapa bulan terakhir ini, ketegangan terus terjadi di sepanjang perbatasan Israel-Gaza menyusul aksi-aksi protes dan bentrokan di wilayah tersebut sejak 30 Maret lalu. Namun beberapa pekan ini, situasi relatif tenang seiring pejabat-pejabat PBB dan Mesir berupaya untuk mencapai gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas, yang menguasai wilayah Jalur Gaza.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com