Malaysia Cari 2 WNI untuk Jadi Saksi Sidang Pembunuhan Kim Jong-Nam

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 01 Sep 2018 14:33 WIB
Ilustrasi (detikcom/Edi Wahyono)
Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia tengah mencari dua wanita Indonesia untuk dijadikan saksi dalam persidangan kasus pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Kedua WNI itu disebut berada di wilayah Malaysia.

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Sabtu (1/9/2018), dua WNI yang sedang dicari polisi Malaysia itu diidentifikasi bernama Raisa Rinda Salma (24) dan Dessy Meyrisinta (33). Keberadaan keduanya tidak diketahui pasti.

Dituturkan Kepala Departemen Investigasi Kriminal (CID) pada Kepolisian Selangor, Fadzil Ahmat, bahwa alamat terakhir yang tercatat bagi kedua WNI itu ada di Flamingo Hotel di Ampang. Keduanya tidak bisa dihubungi oleh otoritas Malaysia hingga kini.


Fadzil mendorong publik yang mengetahui atau memiliki informasi soal dua WNI itu untuk menghubungi pihak kepolisian atau mendatangi kantor polisi terdekat.

Dalam kasus ini, seorang WNI bernama Siti Aisyah (26) dan seorang warga Vietnam bernama Doan Thi Huong (29) menjadi terdakwa dan terancam hukuman mati. Keduanya didakwa membunuh Kim Jong-Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 13 Februari 2017.

Dalam sidang pada pertengahan Agustus lalu, hakim Azmi Ariffin menyatakan ada cukup bukti untuk mendakwa keduanya atas pembunuhan. Hakim menyatakan Prima Facie (dasar argumen dakwaan) dalam kasus ini cukup kuat dan menerima pandangan jaksa bahwa kedua terdakwa telah menyebabkan kematian Kim Jong-Nam.


Tidak diketahui pasti keterkaitan dua WNI itu dalam kasus ini. Kepada CNN, Fadzil enggan menyebut apakah kedua WNI itu merupakan rekan dua terdakwa. Fadzil hanya menyebut kedua WNI itu dicari sebagai saksi.

Persidangan selanjutnya untuk Aisyah dan Doan akan digelar pada November dan Desember mendatang juga pada Januari dan Februari tahun depan. Nantinya, kedua terdakwa akan diberi kesempatan untuk menyampaikan pembelaan diri.



Tonton juga 'Kim Jong-nam Temui WN AS Beberapa Hari Sebelum Tewas':

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/fdn)