Bom Peninggalan Perang Dunia II Berhasil Dijinakkan di Jerman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 27 Agu 2018 12:17 WIB
backhoe disiapkan di lokasi penjinakan bom Perang Dunia 2 (Foto: Dok. CNN)
Berlin - Sebuah bom peninggalan era Perang Dunia II di Jerman berhasil dijinakkan. Bom dijinakkan setelah 18.500 warga di kota Ludwigshafen dievakuasi.

Bom udara seberat 500 kilogram itu ditemukan saat pekerjaan konstruksi beberapa hari lalu. Bom yang belum meledak itu diyakini telah dijatuhkan oleh militer Amerika Serikat saat Perang Dunia II.

"Berita baik: bom berhasil dijinakkan! Warga bisa kembali ke rumah-rumah mereka," demikian disampaikan pemerintah kota Ludwigshafen lewat akun Twitter resminya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (27/8/2018).




Sebelumnya, otoritas di kota Ludwigshafen, Jerman barat telah memerintahkan semua warga yang tinggal dalam radius 1.000 meter dari lokasi bom agar meninggalkan rumah-rumah mereka mulai pukul 08.00 waktu setempat. Ini sebagai pencegahan menjelang operasi penjinakan bom.

Operasi penjinakan bom dilakukan pada Minggu (26/8) waktu setempat. Butuh waktu sekitar satu jam bagi tim penjinak bom untuk menyelesaikan tugas pelik tersebut. Keadaan dinyatakan sepenuhnya aman tak lama setelah pukul 14.00 Minggu (26/8) waktu setempat.




Lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, Jerman masih dipenuhi oleh bom-bom yang belum meledak, peninggalan kampanye serangan udara sekutu terhadap Nazi Jerman.

Tahun lalu, sekitar 60 ribu warga Frankfurt dievakuasi sebelum bom Inggris berjuluk "blockbuster" seberat 1,8 ton dijinakkan. Sejauh ini, evakuasi itu merupakan evakuasi warga yang terbesar pasca perang.

(ita/ita)