Peringatan Untuk Warga India Usai Banjir: Awas Banyak Ular!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 25 Agu 2018 16:29 WIB
ilustrasi: Foto: (Thinkstock)
New Delhi - Banjir di negara bagian Kerala, India mulai surut. Namun masalah baru muncul, yakni kemunculan ular-ular di rumah-rumah warga!

Seiring surutnya banjir, warga mulai pulang ke rumah-rumah mereka di Kerala. Namun otoritas setempat mengingatkan warga untuk berhati-hati karena banjir yang surut bisa menyisakan ular-ular. Rumah sakit pun telah diperintahkan untuk menyiapkan anti-bisa ular.

Warga setempat diingatkan untuk mewaspadai bahwa ular-ular mungkin bersembunyi di dalam lemari atau di bawah karpet, di antara baju-baju atau di dalam mesin cuci di rumah-rumah, yang sebelumnya terendam banjir.




"Ular-ular terlihat di banyak rumah yang dilanda banjir dan peringatan telah dikeluarkan untuk berhati-hati ketika kembali ke rumah," ujar juru bicara pemerintah Kerala, Subhash T.V seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu (25/8/2018).

"Rumah sakit juga telah dilengkapi untuk menghadapi situasi tersebut. Instruksi telah diberikan untuk mengatur fasilitas guna menangani korban gigitan ular," imbuhnya.

"Anti-bisa dan obat-obatan lain yang diperlukan, tersimpan di semua rumah sakit, khususnya di rumah sakit di wilayah-wilayah yang terkena banjir," kata juru bicara tersebut.

Media lokal melaporkan, sejumlah rumah sakit di wilayah yang terdampak banjir paling parah telah melaporkan peningkatan dalam jumlah pasien yang meminta pengobatan karena gigitan ular.



Vava Suresh, seorang pawang ular, mengaku telah menerima 22 telepon dari warga yang resah dan telah menangkap 5 ular kobra di distrik Ernakulam.

"Satu ular ditemukan di dalam lemari pakaian di lantai dua sebuah rumah ... yang lainnya di dalam rak di sebuah rumah," tuturnya kepada surat kabar lokal, Hindustan Times.

Media lokal melaporkan, otoritas negara bagian Kerala dan para pakar satwa liar telah membentuk tim untuk datang membantu warga yang menemukan ular di rumah mereka.

(ita/ita)