DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 17:48 WIB

Kedubes AS Ditembaki, Turki: Ini Upaya Menciptakan Kekacauan

Novi Christiastuti - detikNews
Kedubes AS Ditembaki, Turki: Ini Upaya Menciptakan Kekacauan Foto dokumentasi Kedubes AS di Ankara (REUTERS/Umit Bektas/File Photo)
Ankara - Pemerintah Turki mengecam keras penembakan terhadap Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Ankara. Juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan menyebut aksi penembakan itu sebagai upaya untuk 'menciptakan kekacauan'.

Seperti dilansir Reuters dan Hurriyet Daily News, Senin (20/8/2018), penembakan di Kedubes AS di Ankara tidak memicu korban jiwa. Pelaku penembakan yang berhasil kabur, masih terus diburu hingga kini.

"Kami mengecam serangan terhadap Kedutaan Besar AS. Ini jelas sebuah upaya untuk menciptakan kekacauan," tegas juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, dalam pernyataannya.

"Turki adalah negara yang aman dan seluruh misi-misi asing ada di bawah perlindungan hukum," imbuhnya.


Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Omer Celik, yang berkuasa di Turki juga memberikan penegasan serupa. "Serangan bersenjata terhadap Kedutaan Besar AS jelas merupakan provokasi. Kedutaan-kedutaan ada di bawah perlindungan negara kita," sebutnya.

Kantor Gubernur setempat dalam pernyataannya menyebut setidaknya ada enam tembakan yang dilepaskan pelaku. Tiga peluru di antaranya mengenai pintu besi dan panel kaca di pos keamanan Kedubes AS.

Pelaku yang mengendarai mobil warna putih, berhasil kabur usai melakukan aksinya. Kepolisian Turki masih menyelidiki insiden ini dan memburu pelakunya. Motif di balik penembakan ini belum diketahui pasti.


Namun insiden ini kebetulan terjadi saat semakin buruknya hubungan antara AS dan Turki terkait penahanan pendeta AS, Andrew Brunson, di Turki. Pemerintah AS berulang kali menyerukan kepada Turki untuk membebaskan Brunson. Seruan itu tidak digubris Turki.

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa insiden keamanan terjadi di Kedubes AS pagi ini. Kami tidak mendapat laporan korban luka dan kami masih menyelidiki detailnya. Kami berterima kasih pada Kepolisian Nasional Turki atas respons cepat mereka," ucap juru bicara Kedubes AS di Ankara, David Gainer, kepada Hurriyet Daily News.



Tonton juga video: 'Penembakan Kedubes AS Upaya Memperkeruh Suasana'

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed