detikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 17:36 WIB

Kofi Annan, Negarawan Global yang Berjuang bagi Perdamaian

Novi Christiastuti - detikNews
Kofi Annan, Negarawan Global yang Berjuang bagi Perdamaian Kofi Annan (REUTERS/Denis Balibouse /File Photo)
FOKUS BERITA: Kofi Annan Meninggal
Bern - Semasa hidup, Kofi Annan dikenal sebagai diplomat internasional yang ulung. Sosoknya disebut sebagai negarawan global yang selalu berjuang bagi dunia lebih baik dan lebih damai.

Seperti dilansir CNN dan BBC, Sabtu (18/8/2018), Annan yang lahir di Ghana pada 8 April 1938, menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) ke-7 selama dua periode, dari tahun 1997-2006. Dia menjadi Sekjen PBB pertama yang naik dari dalam jajaran staf PBB.

Annan juga menjadi Sekjen PBB kulit hitam pertama dan dari wilayah Afrika pertama yang pernah menjabat sepanjang sejarah.

Usai pensiun dari jabatan Sekjen PBB, Annan sempat menjadi utusan khusus PBB untuk Suriah, memimpin upaya damai mencari solusi bagi konflik tiada akhir di negara itu.


Tahun 2001, Annan menerima Nobel Perdamaian secara bersama-sama dengan PBB. Nobel Perdamaian itu diterimanya atas 'upaya mewujudkan dunia lebih terorganisir dan lebih damai'.

Annan merupakan keturunan dari keluarga ketua suku di Ghana. Dia mengenyam pendidikan di Ghana dan Macalester College di St Paul, Minnesota, sebelum bergabung dengan PBB tahun 1962 sebagai pegawai level bawah pada Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss.

Saat itu, Annan berpikir dirinya hanya sebentar bekerja di PBB, namun ternyata menghabiskan nyaris seluruh hidupnya mengabdi pada badan perdamaian dunia itu.

Annan juga menjadi anggota The Elders, kelompok pemimpin global yang bekerja untuk Hak Asasi Manusia (HAM). Kelompok itu didirikan tahun 2007 dan pada tahun 2013, Annan menjadi ketuanya.


Yayasan Annan, Kofi Annan Foundation, menjadi pihak yang pertama mengumumkan kepergiannya. Annan meninggal dunia di usia 80 tahun saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Bern, Swiss, pada Sabtu (18/8) pagi waktu setempat.

"Dengan kesedihan mendalam, keluarga Annan dan Kofi Annan Foundation mengumumkan bahwa Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal PBB dan Penerima Nobel Perdamaian, meninggal dunia dengan damai pada Sabtu, 18 Agustus, setelah menderita sakit mendadak," demikian pernyataan pihak yayasan.

"Istrinya, Nane dan anak-anak mereka, Ama, Kojo dan Nina, ada di sisinya selama hari-hari terakhir," imbuh pernyataan itu.

Dalam pernyataannya, Kofi Annan Foundation menyebut sosok Annan sebagai 'negarawan global dan seorang internasionalis yang berkomitmen mendalam untuk berjuang sepanjang hidupnya demi dunia lebih adil dan lebih damai'.

"Di mana saja ada penderitaan atau orang membutuhkan, dia menjangkau dan menyentuh banyak orang dengan semangat dan empati mendalam. Dia tanpa mempedulikan dirinya sendiri, selalu mengutamakan orang lain, menyebarkan kebaikan tulus, kehangatan dan brilian dalam semua hal yang dilakukannya," sebut Kofi Annan Foundation soal sosok Annan.



Tonton juga video: 'Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Tutup Usia'

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/fdn)
FOKUS BERITA: Kofi Annan Meninggal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed