DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 16:58 WIB

Arab Saudi Bebaskan 3 Nelayan Iran yang Ditahan Sejak 2017

Novi Christiastuti - detikNews
Arab Saudi Bebaskan 3 Nelayan Iran yang Ditahan Sejak 2017 Ilustrasi
Teheran - Arab Saudi membebaskan tiga nelayan Iran yang ditahan sejak tahun lalu. Pembebasan itu dilakukan setelah berlangsung negosiasi antara kedua negara yang saling bermusuhan itu.

Dilaporkan kantor berita IRNA, seperti dilansir Reuters, Selasa (14/8/2018), pembebasan tiga nelayan Iran itu diungkapkan oleh Ardeshir Yarahmadi selaku Kepala Departemen Perikanan Provinsi Bushehr di Iran.

Diketahui bahwa tiga nelayan Iran itu ditangkap patroli pantai Saudi pada Juni 2017, setelah kapal mereka terombang-ambing di perairan Saudi.
Baca juga: Bersitegang dengan AS, Iran Pamerkan Rudal Balistik Generasi Baru

Yarahmadi tidak menyebut lebih jelas waktu pembebasan tiga nelayan Iran itu, hanya disebutkan bahwa mereka bebas pekan ini.

"Usai negosiasi antara pejabat Kementerian Luar Negeri kedua negara," ucap Yarahmadi tanpa memberi penjelasan lebih lanjut.

Pada Februari lalu, Saudi membebaskan sembilan nelayan Iran yang sebelumnya ditahan selama dua tahun. Nelayan-nelayan Iran itu ditahan setelah dituding masuk ke perairan Saudi tanpa izin.

Baca juga: Akui Serang Bus di Yaman, Arab Saudi Bantah Targetkan Anak-anak

Soal pembebasan terbaru tiga nelayan Iran ini, otoritas Saudi belum memberi komentar.

Diketahui bahwa Iran dan Saudi memutuskan seluruh hubungan sejak tahun 2016. Kedua negara selalu berlawanan dalam sejumlah isu, termasuk konflik-konflik di kawasan Timur Tengah.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed