DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 14:51 WIB

Remaja 14 Tahun Mencalonkan Diri Jadi Gubernur di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Remaja 14 Tahun Mencalonkan Diri Jadi Gubernur di AS Ethan Sonneborn (FACEBOOK/ ETHAN SONNEBORN FOR GOVERNOR)
Vermont - Di saat remaja lain sibuk bersekolah, seorang remaja berusia 14 tahun di Amerika Serikat (AS) maju dalam pencalonan Gubernur Vermont. Remaja bernama Ethan Sonneborn berhadapan dengan sejumlah calon lainnya yang sudah dewasa.

Seperti dilansir AFP, Selasa (14/8/2018), dalam pencalonannya ini, Sonneborn memanfaatkan aturan unik yang berlaku di Vermont yang tidak membatasi usia calon gubernurnya. Para kandidat hanya diharuskan tinggal di Vermont selama setidaknya empat tahun terakhir.

Sonneborn sendiri sudah 14 tahun, alias sejak lahir, tinggal di Vermont.

Dengan bahagia, Sonneborn mengkampanyekan dirinya untuk menduduki jabatan prestise di Vermont itu. Remaja putra itu menghadapi para rival yang sudah berusia dewasa dalam pemilihan awal untuk kandidat Gubernur Vermont dari Partai Demokrat.


Situs kampanye Sonneborn menyebut sosoknya sebagai pejuang untuk keluarga kelas menengah dan kelas pekerja. Dia disebut memiliki 'gagasan-gagasan tepat' soal reformasi layanan kesehatan, pembangunan ekonomi dan pendidikan, meskipun dia sendiri masih belum lulus sekolah menengah.

Sonneborn mengidentifikasi dirinya sebagai bagian sayap progresif pada Partai Demokrat. "Saya pikir saya kandidat yang paling mewakili perubahan yang kita perlukan," sebut Sonneborn, awal bulan ini.

Ada tiga orang yang menjadi rival utama Sonneborn dalam pencalonan ini. Mereka adalah Christine Hallquist yang mencalonkan diri sebagai calon transgender pertama di AS, kemudian James Ehlers yang seorang veteran Angkatan Laut dan pecinta lingkungan, serta Brenda Siegel yang merupakan direktur eksekutif sebuah festival tari setempat.


Meskipun dipuji dewasa dan dianggap melek politik, Sonneborn memicu seruan bagi anggota parlemen Vermont untuk mengamandemen aturan pencalonan.

"Saya pikir kita seharusnya memikirkan itu jika harus jujur. Saya pikir Anda paling tidak seharusnya bisa mendapatkan surat izin mengemudi saat Anda menjadi Gubernur," ucap Gubernur Vermont saat ini, Phil Scott, kepada wartawan saat ditanya soal pencalonan Sonneborn yang masih 14 tahun.

Scott (60) yang seorang politikus Partai Republik sudah menjabat Gubernur Vermont sejak tahun 2016. Dia kembali mencalonkan diri dalam pemilihan ini.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed